get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Lagi! Gunung Anak Krakatau Meletus, Kali Ini Semburkan Abu hingga 2500 Meter

Selasa, 28 Maret 2023 | 13:52 WIB
header img
Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di Selat Sunda terus mengalami erupsi pada Selasa, (28/3/2023). Ketinggian erupsinya kali ini melontarkan abu vulkanik hingga 2500 meter dari atas puncak. Foto PVMBG

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di Selat Sunda terus mengalami erupsi pada Selasa, (28/3/2023). Ketinggian erupsinya kali ini melontarkan abu vulkanik  hingga 2500 meter dari atas puncak.

Demikian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan letusan terjadi  pada pukul 12.21 WIB  dengan ketinggian  abu mencapai 2500 meter dari puncak gunung yang saat ini yang tinggiannya 157 meter. Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal  mengarah ke barat.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Selasa, 28 Maret 2023, pukul 12:21 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2500 m di atas puncak (± 2657 m di atas permukaan laut),"  tulis PVMBG dalam kerterangan resminya.

"Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 74 mm dan durasi 146 detik,"

Laporan itu disusun oleh Anggi Nuryo Saputro, A.Md., petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat, nelayan dan wisatawan dihimbau tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut