get app
inews
Aa Read Next : Tak Masalah ART Belum Balik, Ini Strategi Jitu atasi Pekerjaan Rumah

Menhub Budi Optimistis Mudik Lebaran 2023 Berjalan Lancar

Sabtu, 11 Maret 2023 | 16:49 WIB
header img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajaran dalam kunjungan kerja ke Merak pada Sabtu, (11/3/2023) didampingi aparat setempat. Foto Iskandar Nasution/istimewa

MERAK, iNewsPandeglang.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku optimistis bahwa arus mudik Lebaran 2023 ini dapat berjalan lancar. Kepastian tersebut menurutnya karena tahun lalu ada beberapa hal yang  kurang maksimal, jauh hari sebelum hari H, yakni 50 hari mudik lebaran yang sudah di depan mata, pihaknya telah melakukan evaluasi dan koordinasi dengan baik.

"Alhamdulillah Pak PJ Gubernur (Al Muktabar) datang ke sini, beliau akan menjadi tuan rumah. Kita harus tahu bahwa setiap pelaksanaan mudik, kementerian perhubungan itu melakukan research-research yang kita lakukan, jumlah yang  sekarang ini naik siginifikan," ujar Menhub dalam kunjungan kerja di Merak pada Sabtu, (11/3/2023).

Data angkutan lanjutnya, dari 85 juta menjadi 123 juta sangat tinggi. Dari 123 juta itu didominasi oleh angkutan darat, roda empat dan roda dua. Pihaknya telah berkoordinasi dengan gubernur, korlantas, dan beberapa Dirut BUMN.

"InsyaAllah apa yang  dilakukan di sini jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Tetapi angkutan kedua, sepeda motor, dengan segala kerendahan hati, kami mengimbau kepada saudaraku-saudaraku untuk tidak menggunakan motor untuk mudik, karena menggunakan motor, berbanding lurus dengan tingkat kecelakaan yang ada. Untuk itu kami juga tidak memberikan solusi, nanti  akan banyak bus gratis, kereta gratis, banyak kapal gratis yang  bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Lebih lanjut Menhub menganjurkan untuk melakukan mudik yang lebih nyaman. Memang ada dua tempat yang menjadi poin paling berat dalam  mudik, satu di sini, di Merak dan di Cipali, atau Jakarta ke Semarang. Bagaimana pihaknya memastikan rasio dari pelabuhan ini menerima jumlah penumpang yang  masuk ke pelabuhan. 

Ada  beberapa hal yang Menhub koordinasikan yakni melakukan penambahan jumlah pelabuhan sudah disepakati yaitu Pelabuhan Ciwandan dan satu lagi dari Indah Kiat. jadi dari tujuh menambah jadi tujuh lagi. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut