get app
inews
Aa Read Next : Pengepul Lobster Hidup di Binuangeun Lebak Lirik Pasar Ekspor, Harganya Menggiurkan!

Budidaya Magot, Jadi Salah Satu Solusi Efektif Kurangi Beban Pakan Ternak

Kamis, 02 Maret 2023 | 19:39 WIB
header img
Budidaya Magot, Jadi Salah Satu Solusi Efektif Kurangi Beban Pakan Ternak. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Tingginya harga pakan ternak membuat seorang peternak di Cilegon, Banten membudidayakan ulat maggot. Magot sendiri memiliki protein tinggi  untuk pengganti pakan ternak Lele dan Bebek, terbukti mampu  mengurangi biaya pembelian pakan hingga hampir 50 persen.

Sudarmono  peternak asal Kampung Kubang Welut, RT 06 RW 04, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon memilih beternak ulat maggot sebagai pakan tambahan.

Mono akrab disapa berhasil membudidayakan maggot yang berada di sebelah kandang bebek dan kolam ikan lelenya. Ulat maggot sendiri bisa hidup di sisa sampah  sayuran dan buah-buahan.

Mono mengatakan, setiap dua hari sekali dirinya mencari sisa sampah sayuran dan buah-buahan  yang selama ini hanya dibuang begitu saja oleh para pedagang  yang berjualan  di pasar tradisional  Kranggot Modern untuk dijadikan pakan ulat maggot. Maggot terbukti bisa mengurangu biaya pembelian pakan.


Budidaya Magot salah satu solusi efektif mengurangi beban pakan ternak. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

" Ya ini bisa mengurangi biaya pembelian pakan. Buah busuk dan sayuran itu lalu dicacah dan ditempatkan di wadah pembiakan larva. Dalam 7 hari  telur lalat hitam itu akan berubah menjadi larva atau maggot,' katanya.

Dengan pemberian maggot terhadap ternak lele dan bebeknya dia dapat mendongkrak pertumbuhan lele dan Bebek dengan cepat. Hal ini dikarenakan dalam tubuh maggot mengandung unsur protein 30-50 persen dan bisa menekan biaya pakan ternak  Lele dan bebek hingga mencapai 50 persen.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut