get app
inews
Aa Read Next : Klarifikasi LPSK Terkait Amplop Cokelat dari Ferdy Sambo ke KPK

Histori di Balik Cokelat dan Mawar Merah Sebagai Simbol Hari Valentine

Senin, 13 Februari 2023 | 12:12 WIB
header img
Histori di Balik Cokelat dan Mawar Merah Sebagai Simbol Hari Valentine (Foto : Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Bagi sebagian orang hari valentine menjadi ajang untuk menunjukan kasih sayang kepada orang-orang terkasih. Hari yang diperingati pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya ini kerap diidentikan dengan cokelat dan mawar merah. Saat momen ini tiba, biasanya orang beramai-ramai memberikan cokelat atau mawar merah kepada pasangan atau orang tersayang. Ternyata, dua barang tersebut memiliki histori tersendiri hingga menjadi simbol hari valentine. Dilansir dari Valiche pada Senn (13/2/2023), berikut histori di balik cokelat dan mawar merah sebagai simbol hari valentine.

1. Memberi Kekuatan Cinta

Cokelat telah menjadi simbol kekuatan cinta sejak zaman dahulu. Bahkan suku Aztec dan Maya menganggap bahwa cokelat adalah makanan yang bisa dinikmati oleh kaum kelas atas. Kala itu, suku Aztec menciptakan minuman bernama xocolatl yang didalamnya berisi campuran biji kakao madu, dan vanila. Minuman itu dipercaya dapat memberikan kekuatan khusus dan membangkitkan gairah.

2. Bisa Memengaruhi Suasana Hati

Seiring popularitas cokelat di Eropa, cokelat dianggap bukan hanya sebagai tanda cinta. Akan tetapi juga diberikan sebagai cara untuk mengungkapkan kegembiraan, memulai keinginan, mengungkapkan permintaan maaf. Dengan memberikan cokelat bisa memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan pada masa Victorian, cokelat digunakan sebagai makanan untuk merayu dan mengungkapkan perasaan kepada wanita.

3. Bunga Mawar

Selain cokelat, hari Valentine juga identik dengan bunga mawar. Bunga mawar yang dipilih untuk hari valentine biasanya mawar merah ataupun merah muda. Menurut penelitian dari University of Illinois, bunga mawar pertama kali ditemukan di daratan Asia Tengah sekitar 70 juta tahun yang lalu. Saat itu bunga mawar dijadikan sebagai lambang cinta dan penghargaan pada seseorang. Bunga mawar merah memiliki arti cinta, keindahan dan keberanian. Sementara bunga mawar merah muda memiliki arti simpati dan kecantikan. Oleh karena itu, hari valentine selalu identik dengan bunga mawar dan cokelat karena keduanya melambangkan sebuah cinta dan kasih sayang.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut