get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Naikkan Harga Eceran Tertinggi Beras, Berikut Rinciannya

Pedagang Keluhkan Harga Beras Mahal, Padahal Musim Panen

Selasa, 07 Februari 2023 | 19:52 WIB
header img
Pedagang di Pasar Panimbang, Kabupaten Pandeglang keluhkan harga beras mahal meskipun musim panen. Foto iNews/Ujang Suryana

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id -Pedagang beras di Pasar Panimbang menyebut harga beras masih mahal meskipun saat ini di Kabupaten Pandeglang sedang musim  panen raya padi.  Pedagang  menduga kuat gabah di jual ke luar daerah karena pembeli dari luar berani bayar tinggi.

"Harga beras masih mahal meskipun di sini panen tapi harga beras gak mau turun, itupun malah ada kenaikan kemarin sekitar Rp200 per kilogram. Kalau  penyebabnya masih mahal meski panen mungkin gabah dibawa ke luar daerah," ucap salah seorang pedagang beras H. Ridwan saat ditemui di tokonya yang berada di Pasar Panimbang, Selasa (7/2/2023).

Menurut dia pengusaha pengolah gabah lokal kalah saing dari pembelian gabahnya lantaran mereka berani bayar ke petani diatas Rp500 ribu per kwintal bahkan bisa lebih jika kualitas gabah lebih bagus.

Padahal kata pedagang beras yang sudah 15 tahun ini jika panen biasanya hanya Rp400 ribu atau Rp4 ribu per kilogram. Sementara harga beras  yang kualitas bagus  nomer 1 harganya  Rp10 ribu per kilogram.

Kemudian untuk kualitas  nomer 2 Rp9500 per kilogram dan nomer 3 dijual Rp9 ribu. Jika per karung Rp285 ribu hingga Rp295 ribu. " Tetap harganya segitu walaupun panen gak ngaruh untuk beras," tuturnya.

Dia mengaku para pembeli juga banyak yang komplain mempertanyakan harga beras yang masih mahal padahal sedang panen raya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut