get app
inews
Aa Read Next : Gadaikan Mobil Belum Lunas, Warga Lingkungan Cidadap Kota Serang Masuk Bui

Viral Penampakan Awan Lenticular di Atas Langit Kota Serang, Begini Penjelasan BMKG

Jum'at, 03 Februari 2023 | 15:55 WIB
header img
Penampakan Awan Lenticular di Atas Langit Kota Serang Banten. Foto iNews

SERANG, iNewsPandeglang.id- Fenomena alam pemandangan menakjubkan ada penampakan awan Lenticular  di atas langit Kota Serang, Banten. Kemunculan awan unik ini menyita perhatian masyarakat sekitar dan viral di media sosial, Jumat (3/2/2023).

Dari pantauan di lokasi pada pagi hari penampakan awan langka tersebut sempat membuat masyarakat pada mengabadikan momen itu lantaran unik dan indah.

Sementara dalam akun instagram @bmkgkotaserang menjelaskan bahwa pada Jumat pagi 3 Februati 2023 terlihat kemunculan Awan yg sempat diabadikan oleh warga Kota Serang.

Dikatakan BMKG awan ini adalah Lenticular clouds atau dalam bahasa Indonesia disebut Awan lentikular, merupakan awan gelombang orografik berbentuk lensa yang terbentuk ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi di bukit dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa dari ketinggian yang berbeda melalui troposfer. Awan barat melewati pegunungan di bawah membantu membentuk ini.

"Awan ini merupakan fenomena alam biasa dan tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang akan terjadi," tulisnya dikutip.

Menurut BMKG awan ini cukup berbahaya untuk dunia penerbangan, untuk pesawat yang terbang rendah disekitar awan tersebut karena dapat menimbulkan turbulensi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut