get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Sesar Cimandiri yang Menerus ke Laut Diduga Pemicu Gempa Magnitudo 4,4 Pelabuhan Ratu

Jum'at, 03 Februari 2023 | 01:37 WIB
header img
Sesar Cimandiri yang Menerus ke Laut Diduga Pemicu Gempa Magnitudo 4,4 Pelabuhan Ratu Bayah Banten. Foto twitter @DaryonoBMKG

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono melalui  akun twitter pribadinya @DaryonoBMKG atas peristiwa  Gempa bumi Magnitudo 4,4 Pelabuhan Ratu pada Kamis, (2/2/2023).

"Gempa Palabuhan Ratu M4,4 kedalaman 21 km malam ini dirasakan cukup kuat di Palabuhan Ratu dan sekitarnya, diduga dipicu Sesar Cimandiri yang menerus ke laut," tulisnya dikutip.

Diketahui, BMKG melaporkan terjadi gempa bumi magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis, (2/2/2023). Gempa terjadi sekitar pukul 19.45 WIB.

Pusat gempa berada di laut 40 Kilometer barat daya Bayah dengan kedalaman 25 kilometer. Sementara titik koordinat gempa berada pada 7.28 LS - 106.14 BT, 40 kilometer BaratDaya BAYAH-BANTEN dengan kedalaman 25 kilometer

Gempa tersebut dirasakan di Bayah, Malingping, Ciracap dan Surade III MMI. Kemudian di  Sukabumi, Cianjur, Pelabuhan Ratu, Cipanas dan Lebak II MMI.

Gempa tersebut sempat membuat warga di Kecamatan Bayah, Panggarangan, dan Cihara, Lebak, Banten berhamburan ke luar rumah. Selain itu, getaran juga cukup kuat  terasa hingga ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BMKG juga mengimbau untuk hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut