get app
inews
Aa Read Next : Mirip Instagram, WhatsApp Rilis Fitur Like Status Teman

Ini Sederet Modus Penipuan Melalui WhatsApp yang Marak

Kamis, 02 Februari 2023 | 15:42 WIB
header img
Modus Penipuan Melalui WhatsApp yang Marak. Foto Lagos

3. Link Mencurigakan

Link mencurigakan adalah cara yang paling sering digunakan para penipu saat ini. Beragam modus dipasang guna menutupi link malware yang akan ditujukan kepada para korban, dari mulai mengaku sebagai undangan pernikahan online, hingga berpura-pura sebagai kurir yang mengirimi resi paket via WhatsApp.

Biasanya link tersebut mengandung malware RTA (Remote Access Trojan). RTA bisa dengan cepat membajak ponsel Anda dari jarak jauh, mengambil data pribadi, serta mengambil uang dari rekening mbanking Anda. Jadi hati-hati saat membuka link yang dikirimkan via WA. Biasanya link malware tersebut memiliki format .apk.

4. Nomor Tidak Dikenal

Aplikasi WhatsApp memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dan berbagai media ke siapa pun yang nomor ponselnya sudah ada simpan. Ini berarti, para penipu dan pengirim spam bisa mendapatkan detail kontak dari mana saja, bisa dengan membeli daftar nomor aktif dari dark web, atau meretas layanan lain yang menyimpan nomor ponsel Anda. Setelah mendapat nomor, si penipu akan mulai mengirim pesan ke para korban.

Cara menghindari penipu dengan modus seperti ini sebenarnya sangat mudah. Anda lebih baik tidak perlu membuka media apapun yang dikirim lewat nomor tidak dikenal tersebut dan jangan tanggapi pesan-pesan dari nomor yang mencurigakan tersebut.

Sumber 4 Modus Penipuan Lewat WhatsApp

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut