get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Update Erupsi Gunung Anak Krakatau : Sudah 3 Kali Muntahkan Abu hingga 300 Meter

Kamis, 12 Januari 2023 | 00:25 WIB
header img
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau Erupsi. (Foto okezone)

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di Selat Sunda dikabarkan  pada Rabu 11 Januari 2022 sudah tiga kali erupsi. Ketinggian abunya  mulai dari 200  meter hingga 300 meter dari atas puncak.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan letusan pertama pada Rabu,  (11/1) pada pukul 17:54 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 357 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi ±  33 detik.


Gunung Anak Krakatau Erupsi, Semburan Abu Capai 200 Meter. Foto PVMBG

 

Kemudian yang kedua  pukul 22:41 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 200 m di atas puncak (± 357 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 10 mm dan durasi 20 detik.

Selanjutnya pada pukul 23:25 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 300 m di atas puncak (± 457 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 13 detik.

Laporan yang pertama disusun oleh Ade Yasser Akhmad Purwata, dan dua laporan lainnya oleh Jumono petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten,  kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat, nelayan dan wisatawan dihimbau tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut