get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Cuaca Buruk, Harga Beras di Pasar Panimbang, Pandeglang Melambung Tinggi

Senin, 09 Januari 2023 | 14:37 WIB
header img
Cuaca Buruk, Harga Beras di Pasar Panimbang, Pandeglang Melambung Tinggi. Foto Ujang Suryana

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Dampak cuaca buruk sejak November  2022 harga beras  di Pasar Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten terus merangkak naik, seiring siklus pasokan yang berkurang dan meningkatnya permintaan. Kenaikan ini bahkan mencapai Rp500 hingga Rp2000  per liter sejak Natal dan Tahun Baru 2023 lalu.

Kondisi ini membuat  para petani kesusahanbmenjemur padi terlebih belum tiba waktunya panen sehingga para pedagang terpaksa mendatangkan barang dari luar daerah dan juga menjual beras kualitas rendah yang harganya dapat terjangkau oleh masyarakat. Beras yang mengalami kenaikan di pasar Panimbang yakni beras KW3, KW2 hingga super.

Hj. Mulyana,  salah seorang pedagang di pasar tersebut mengatakan bahwa kondisi tersebut sudah sejak akhir tahun 2022  dampak cuaca dan belum tiba waktu panen.

"Udah satu bulan ada kenaikan sejak bulan Desember 2022. Yang tadinya beras KW 3 seharga  tadinya Rp7500 sekarang Rp8000, yang KW2  tadinya Rp8000 sekarang Rp9000, yang super no satu yang paling bagus tadinya Rp9000 sekarang Rp10000 per lite," ujarnya di Pasar Panimbang, Senin (9/1/2023).


Foto Ujang Suryana

 

Tak hanya itu, diKabupaten Pandeglang,  kenaikan harga beras bukan hanya terjadi ditingkat pedagang pasar, namun mulai dari petani dan penggilingan,  harga gabah dipetani melonjak.

Lebih lanjut dituturkan Hj. Mulyana,  bahwa beras yang paket karung juga mengalami kenaikan yang awalnya Rp280 ribu saat ini yang bagus Rp300 ribu perkarung dengan berat 25 kilogram. Menurutnya kenaikan ini sangat tinggi.

Faktor kenaikan ini menurut dia  adalah cuaca membuat petani yang punya stok kesulitan untuk menjemur padi dan  terlebih saat ini belum panen.

"Panen bulaj Februari nanti belum waktunya, kami juga mendapatkan stok yang di jual ini dari Serang di sini udah gak ada di penggilingan juga, nah di Serang ini disuplay dari Karawang yang udah panen," tuturnya.

Para pedagang memperkirakan kenaikan harga beras ini masih akan terjadi karena cuaca buruk yang terus terjadi di sejumlah daerah penghasil beras di Pandeglang, Banten, dia pun berharap mudah-mudahan di Pandeglang cepat panen.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut