get app
inews
Aa Read Next : 5 Hal Sederhana Ini Bisa Menjadikan Anda sebagai Ibu yang Dicintai

Ciri-Ciri Ibu Bijak Zaman Now, Anda Termasuk?

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:45 WIB
header img
Ciri-ciri Ibu Bijak Zaman Now. Foto Freepik

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Menjadi ibu adalah anugerah terindah dari Tuhan bagi kaum wanita. Hal ini tentu menjadi hal yang patut disyukuri, apalagi banyak perempuan yang tidak bisa menjadi seorang Ibu karena satu dan lain.

Menjalani peran Ibu juga bukan suatu yal yang mudah, terutama bagi Ibu yang memiliki kesibukan lain selain menjadi ibu rumah tangga. Mungkin, kesibukan pekerjaan ataupun bisnis membuat Anda kadang lalai untuk memberi perhatian kepada anak Anda. Selama Anda merasa belum bisa menjadi ibu yang baik untuk anak Anda. 

Oleh karena itu, Anda sangat ingin berubah menjadi ibu yang lebih baik lagi dari pada sekarang ini.

Lantas, apa saja ciri-ciri ibu bijak di zaman now untuk anak Anda? Berikut ulasannya yang berhasil dirangkum iNewsPandeglang.id pada Kamis (22/12/2022).

 

Sabar Tak Pernah Mengeluh

Salah satu tips menjadi ibu yang bijak adalah sangat jarang bahkan tidak pernah mengeluhkan aktivitasnya yang sangat melelahkan terlebih ibu yang bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Ibu yang baik akan menganggap kalau pekerjaannya merupakan hal yang menyenangkan karena dia begitu menyadari betapa mulianya menjadi seorang ibu dan mengerjakan berbagai rutinitas rumah tangga sekaligus berkarier. Dengan tidak mudah mengeluh, maka semua aktivitaspun akan terasa ringan dan berjalan dengan lancar. 

 

Pintar Mengatur Keuangan

Carilah berbagai tips ibu rumah tangga mengatur keuangan agar Anda bisa bijak dan pintar dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan sukses dalam mengatur keuangan, maka keluarga Anda akan terhindar dari defisit. Sehingga, kebutuhan pun tetap tercukupi.

Pintarlah dalam membedakan mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Dengan begitu, keluarga Anda tidak akan terlilit hutang. Meski Anda sangat suka belanja. Cobalah untuk bijak dalam mengatur keuangan dan mempertimbangkan seberapa Anda butuhkan barang tersebut. 

 

Selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak

Cukup banyak peran ibu dalam psikologi anak usia dini dan tentunya setiap ibu pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari pemilihan tempat sekolah, pemilihan asupan makanan, pilihan obat-obatan, dan lain-lainnya.

Pastilah ibu bijak ingin yang terbaik untuk anaknya.

Misalnya dalam hal sekolah. Ibu yang bijak dan baik tentunya selalu ingin anaknya berprestasi di sekolah. Baik itu dalam hal akademis maupun non-akademis. Ibu bijak biasanya juga tidak hanya menuntut, tapi menuntun dan mengajarinya. Entah itu memberikan kepercayaan kepada guru privat, guru bimbel, atau dia sendiri yang mengajari. 

 

Memberi ruang bagi anak untuk berkreatifitas 

Ibu bijak akan membebaskan  anaknya  terus mencoba apapun yang dia sukai. Biasanya mereka beranggapan dengan memberi ruang bagi anak untuk berkreatifitas membuat anak semakin kreatif dan cerdas.

Tidak semua ibu bisa memberikan kebebasan kepada anaknya untuk berkreatifitas. Beberapa ibu terlalu mengekang anaknya untuk berkreatifitas.  

Contoh, sang  senang untuk mewarnai. Namun, Ibu malah memaksanya untuk pintar dalam bidang matematika. Itu sama saja seorang ibu melumpuhkan kreatifitasnya, Ibu bijak biasanya akan memberi ruang untuk anaknya berkreatifitas sambil tetap ajarkan tanggung jawab untuk membuat PR, membuat tugas keterampilan, ataupun berangkat ke sekolah tepat waktu. 

 

Rela begadang demi menidurkan anaknya

Fungsi ibu dalam keluarga adalah dengan selalu memastikan anaknya selalu baik-baik saja. Terlebih ketika malam hari. Dia biasanya akan menunggu anaknya tidur dahulu, baru dia pun akan nyenyak untuk tidur.

Itulah ibu yang bijak, selalu melakukan hal-hal yang tidak akan terbalas jasanya oleh anak-anaknya. Namun, seorang Ibu memang tidak mengharapkan imbalan apapun selain melihat anaknya selalu bahagia dan sukses. 

 

Selalu memperhatikan kesehatan anak 

Setiap ibu pasti akan sangat khawatir jika anaknya sedang sakit. Ibu akan mengambil obat terbaik dan melakukan perawatan yang terbaik jika anaknya sedang sakit. Bahkan, kadang kekhawatirannya berlebihan dan tentunya lebih khawatir dibandingkan suaminya.

Nah, cara menjadi ibu yang bijak untuk anak laki-laki maupun perempuan juga adalah dengan selalu berusaha menjaga kesehatan anaknya. Baik itu menjaga pola makan, kebersihan lingkungan, bahkan kebersihan baju yang dikenakan anaknya.

 

Memasak untuk keluarga 

Bagi ibu bekerja atau memiliki aktivitas usaha atau bisnis yang padat mungkin sulit untuk mengatur waktu agar bisa memasak setiap hari, tapi seorang Ibu bijak akan berusaha meluangkan waktu misalnya di hari tertentu atau di akhir pekan. 

Dengan memasak sendiri makanan anak Anda, Anda bisa memastikan apakah kandungan gizi yang ada pada makanan anak Anda sudah cukup atau belum. Anda juga bisa meminmalisir penggunaan bahan pengawet dan zat-zat berbahaya lainnya.

Itulah ciri-ciri ibu bijak di zaman now  yang sudah seharusnya Anda tiru sekarang juga agar keluarga Anda menjadi lebih harmonis dan bahagia dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dengan menjadi ibu yang baik, Anda pasti akan selalu membuat anak dan suami Anda nyaman. Apakah Anda memiliki ciri ciri ibu yang baik ini? Jika belum, saatnya sekarang untuk memulai, dan Salamat Hari Ibu!

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut