get app
inews
Aa Read Next : Resep Sarapan Sederhana dan Lezat untuk Hari-Harimu

5 Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi saat Sarapan

Minggu, 04 Desember 2022 | 08:03 WIB
header img
5 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi saat Sarapan (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id- Singkong adalah salah satu tanaman umbi-umbian sebagai pengganti makanan pokok. Singkong mudah ditrmui di pasaran dan meliliki harga yang terjangkau.singkong juga sumber nutrisi yang rendah kalori. Kandungan karbohidratnya komplek dan tidak memiliki gluten sehingga aman untuk dikonsumsi siapa saja. Terutama mereka yang alergi dengan kandungan gluten.

Namun jangan sekali-kali mencoba mengonsumsinya mentah-mentah. Karena konon katanya ada kandungan racun sianida dalam singkong mentah.

Meski begitu, ada beberapa manfaat dari mengonsumsi singkong untuk kesehatan tubuh. Apalagi disantap untuk sarapan di pagi hari.

Nah, Berikut ini manfaat konsumsi singkong dikutip dari wellandgood:

1. Sumber karbohidrat komplek

Makanan bertepung memiliki reputasi yang buruk untuk kesehatan. Namun kandungan karbohidratnya menjadi sumber energi yang disukai dan paling efisien untuk sistem saraf pusat dan otot. Ia juga menawarkan vitamin, antioksidan dan serat tidak larut sehingga ini yang membuat singkong menjadi sumber karbohidrat komplek.

2. Kaya akan vitamin C

Singkong kaya akan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ia akan membantu untuk memproduksi kolagen secara alami yang juga bagus untuk kulit.

3. Tinggi antioksidan

Dalam tiap porsinya, ada senyawa fenolik anti inflamasi. Ia akan membantu menyediakan berbagai antioksidan yang bagus untuk kesehatan jangka pendek atau bahkan jangka panjang.

4. Kaya serat

Singkong dapat menyehatkan usus. Ia berkonstribusi pada asupan serat makanan yang memadai yang dikaitkan dengan kontrol gula daarah dan penurunan kadar kolesterol darah. Ini kemudian mengerucut pada sistem kekebalan tubuh.

5. Menyehatkan mata

Singkong juga memiliki banyak vitamin A yang berperan penting menjadi kesehatan mata. Beberapa penelitian bahkan menyarankan agar sering konsumsi singkong untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin A.

Itulah lima manfaat singkong untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut