get app
inews
Aa Read Next : Lagi! Gempa Susulan M5,1 dan M4,2 Guncang Bayah Banten

Garut Diguncang Gempa, RK Ingatkan Hati-hati dengan Kabar Hoaks Berseliweran di Jagat Maya

Sabtu, 03 Desember 2022 | 21:11 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: celebrities.id/Instagram @ridwankamil)

BANDUNG, iNewsPandeglang.id - Pascagempa bumi magnitudo 6,4 guncang Kabupaten Garut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) kembali mengingatkan warga  masyarakat  untuk waspada terhadap kabar hoaks menyusul dengan banyak berseliweran foto video di jagat maya, Sabtu ( 3/12/2022).

"Hati-hati dengan berita Hoax yang menggunakan foto/video gempa cianjur kemudian dilabeli "Gempa Garut," ujar Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil dikutip.

Dikatakan Ridwan Kamil,  pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Garut petang tadi berada di kedalaman 118 km, sedangkan pusat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur berada di kedalaman 10 kilometer.

"Cianjur kedalaman gempa dangkal 10 km," tuturnya.

Kang Emil yang akrab disapa itu pun mengimbau kepada  masyarakat untuk lebih bijaksana dalam menyikapi peristiwa bencana, termasuk gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten Garut tersebut. "Kita harus bijak dalam menyikapi ini. Nuhuun," ungkapnya.

Menurut dia, berdasarkan laporan Bhabinkamtibmas setempat, kawasan Pantai Sayang Heulang, Garut Selatan masih aman terkendali. "Semoga di tempat lain juga dilaporkan serupa. Amiiin," katanya penuh harap.

Dalam keterangan terpisah, data kerusakan yang dihimpun oleh Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB dilaporkan  sebanyak empat rumah rusak dan satu unit sekolah. Selain itu, ada satu warga Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Untuk sementara yang diterima adalah empat unit rumah rusak di Kabupaten Garut, dan 1 unit sekolah, SDN Jatiwanti 1 juga rusak. Ada satu korban jiwa mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke puskesmas setempat,” ujar Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.

Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul Gempa Besar Guncang Garut, Kang Emil Ingatkan Warga Waspadai Hoaks

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut