get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Olahraga ini Ampuh Turunkan Lemak Dengan Cepat

Tips Diet Sehat bagi Penderita Obesitas, Minum Air Putih hingga Rutin Olahraga

Jum'at, 02 Desember 2022 | 23:39 WIB
header img
Tips Diet Sehat Bagi Penderita Obesitas, Minum Air Putih hingga Rutin Olahraga (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Penderita obesitas dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti keturunan, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meski tidak selalu, karena obesitas juga bisa disebabkan karena faktor genetik, obat-obatan dan hormon.

Seseorang bisa mengalami obesitas bila berada di lingkungan dengan pola makan makanan padat energi, seperti tinggi lemak, gula, serta kurang sehat.

Lantas bagaimana metode diet yang tepat bagi penderita obesitas? Metode penurunan berat badan bagi penderita obesitas berbeda-beda untuk masing-masing individu.

Untuk penurunan berat badan yang aman dan berkelanjutan, yang disarankan adalah 0,5 hingga 1 kilogram per minggu atau 2-4 kilogram per bulan.

Sementara untuk kalorinya, sebaiknya mengurangi asupan energi sebanyak 600 kalori per hari. Artinya, untuk laki-laki tidak mengonsumsi lebih dari 1.900 kalori per hari dan untuk perempuan tidak lebih dari 1.400 kalori per hari.

Berikut ini tips diet sehat bagi penderita obesitas, seperti dikutip dari siaran pers Thermolyte Plus pada Minggu (27/11/2022):

1.Minum air putih

Selain itu, sebaiknya konsumsi air putih sebelum makan dan memenuhi kebutuhan tubuh akan air sepanjang hari. Sebanyak 60 persen dari tubuh terdiri dari air, maka cairan bening dan bebas kalori ini berperan dalam hampir setiap fungsi tubuh.

Tubuh yang terhidrasi akan semakin efisien bekerja untuk berpikir hingga membakar lemak tubuh.

2.Tidak melewatkan sarapan

Penting diperhatikan, sebaiknya tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi makanan yang bisa membuat kita merasa kenyang sampai waktu makan siang. Hal ini untuk mengurangi kebiasaan ngemil.

Untuk pilihan menu sarapan yang dianjurkan seperti telur, yogurt, oatmeal, dan roti gandum.

3.Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayuran dan buah-buahan memiliki efek positif pada gula darah, yang dapat membantu menjaga nafsu makan. Buah apel, pir, dan sayuran berdaun hijau dapat berperan dalam penurunan berat badan. Kandungan glikemik yang rendah mencegah lonjakan gula darah yang dapat meningkatkan rasa lapar.

4.Rutin berolahraga

Rutin melakukan olahraga berintensitas sedang yang meningkatkan detak jantung dan pernapasan, seperti jalan cepat, bersepeda, renang rekreasi, dan menari.

5.Penuhi kebutuhan protein

Tips selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan protein yang bisa diperoleh dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-susu lainnya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut