Mengenal Penyebab Mata Bintitan, Sering Sentuh Mata dengan Tangan yang Kotor!

Raden Yusuf
.
Jum'at, 02 Desember 2022 | 16:29 WIB
Mengenal Penyebab Mata Bintitan, Sering Sentuh Mata dengan Tangan yang Kotor! (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Mengalami mata bintitan membuat tidak nyaman sepeti aa yang mengganjal atau bahkan perih. Mata bintitan tidak serta merta muncul begitu saja. Pastinya ada berbagai penyebabnya. Harus diingat bahwa penyebab mata bintitan bukan karena suka mengintip loh. 

Bintitan atau yang disebut juga dengan hordeolum merupakan benjolan kecil berwarna merah seperti jerawat dan nyeri yang tumbuh dari dasar bulu mata, atau pun di bawah kelopak mata. Biasanya bintitan muncul pada tepi kelopak mata, dan disebabkan oleh akar bulu mata yang terinfeksi

 Kemudia terjadi pembengkakan dan terkadang mempengaruhi seluruh kelopak mata. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena bintitan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu. Karena, bintitan bukan termasuk tanda dari penyakit serius, meski terbilang sangat mengganggu. Perihal penyebab mata bintitan ialah infeksi kelenjar minyak pada kelopak mata yang bisa menyebabkan peradangan. Bakteri Staphylococcus yang bertanggung jawab untuk sebagian besar infeksi tersebut.
 

Mata bintitan juga disebabkan oleh kuman dan kulit mati yang terjebak di ujung kelopak mata. Selain sejumlah penyebab tersebut, ada berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko seserang terkena bintitan, yaitu, menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa, tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur,memakai lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada ujung kelopak mata, dan mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

 Apabila kamu mengalami bintitan, bisa diobati dengan mudah yakni dengan cara mengompres dengan air hangat. Bila bintitan idak kunjung membaik setelah 48 jam, dan mengalami kemerahan serta pembengkakan seluruh kelopak mata yang  meluas ke pipi serta bagian wajah, segeralah hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News

Bagikan Artikel Ini