get app
inews
Aa Read Next : 10 Manfaat Daun Kelor yang Menakjubkan Menurut Para Ahli

7 Barang Pribadi yang Tak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain, Sikat Gigi Salah Satunya

Rabu, 16 November 2022 | 12:18 WIB
header img
7 Barang Pribadi yang Tak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain, Sikat Gigi Salah Satunya (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Saling berbagi atu meminjamkan barang  menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Selain dapat membantu sesama, juga ada kepuasaan tersendiri jika dapat berbagi.

Namun ternyata ada beberapa barang yang tak boleh dibagi dengan orang lain. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Anda. Pasalnya, barang pribadi yang kamu pinjam atau pinjamkan bisa saja menjadi media tempat berpindahnya berbagai mikrorganisme penyebab penyakit, seperti virus, jamur, kutu, dan bakteri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut barang-barang yang tidak boleh dibagi atau dipinjamkan kepada orang lain.

1. Sikat gigi

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan oleh University of Manchester, Inggris, rata-rata sikat gigi bekas menampung lebih dari 10 juta bakteri, termasuk e.coli dan staph. Orang yang menggunakan sikat gigi satu sama lain berisiko lebih tinggi terkena infeksi yang menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu, kuman yang terdapat pada bulu sikat dapat dengan mudah menularkan bakteri pilek dan radang tenggorokan.

2. Gunting kuku

Dikutip dari akun Instagram @sehatyuks.id benda pribadi ini tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain. Sebab ada jutaan bakteri yang tidak diketahui terdapat dalam gunting kuku. Virus, bakteri atau mikroorganisme di kuku manusia bisa menempel pada gunting kuku dan menginfeksi tubuh lewat perpindahan benda tersebut.

3. Anting

Mengenakan anting-anting teman mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi anting-anting itu dapat menyebarkan patogen yang ditularkan melalui darah. Jika Anda meminjam anting teman, bersihkan dengan disinfektan sebelum digunakan.

4. Earphone

Kotoran telinga penuh dengan bakteri sehingga ada kemungkinan besar infeksi jika Anda meminjam earphone, terutama jika pengguna atau pemakainya juga memiliki luka terbuka.

5. Sisir

Sulit untuk menolak meminjamkan sisir atau sikat ke teman. Namun perlu diingat bahwa mereka dapat menyebarkan kutu kepala, infeksi kulit kepala, dan kudis.

6. Kosmetik

Bakteri dapat masuk ke aliran darah melalui selaput bibir dan mulut, dan herpes mulut dapat tertular dengan berbagi pelembap bibir. Meskipun berbagi krim wajah relatif aman, berbagi riasan mata dapat menyebabkan infeksi mata seperti konjungtivitis.

7. Handuk

Handuk, khususnya, tidak boleh digunakan bersama karena cenderung lembap, hangat, dan menyerap, serta sering digantung di kamar mandi yang gelap. Ia menjadi tempat berkembang biak bakteri yang ideal.

Itulah 7 Barang yang tudak boleh dipinjamkan uantuk menjaga kesehatan pribadi.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut