get app
inews
Aa Read Next : Dijamin Lancar, Ini Tips Nyaman Puasa bagi Penderita Maag

5 Pertolongan Pertaman saat Asam Lambung Naik, Minum yang Mengandung Jahe

Selasa, 15 November 2022 | 22:58 WIB
header img
5 Pertolongan Pertaman saat Asam Lambung Naik, Minum yang Mengandung Jahe (foto/ist)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Penyakit Asam lambung naik merupakan masalah gangguan pencernaan yang cukup umum. Dalam Mengetahui pertolongan pertama saat asam lambung naik sangat penting. Khususnya jika kamu atau orang terdekat memiliki riwayat penyakit asam lambung. Kondisi tersebut harus diwaspadai, karena tidak hanya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, namun bisa memperburuk apabila dibiarkan tanpa penanganan.

Terdapat sejumlah langkah pertolongan pertama saat asal lambung naik yang perlu kamu ketahui. Cara ini bisa dipakai jika kamu kamu tidak memiliki obat-obatan saat asam lambung tiba-tiba muncul

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber berikut beberapa pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa dilakukan: 

1. Minum yang Mengandung Jahe

 Pertolongan pertama saat asam lambung naik yakni minum yang mengandung jahe. Dipercaya jahe mengandung asam fenolik yang bisa meredakan iritasi pada saluran cerna serta mencegah naiknya asam lambung. Selain itu, kandungan zat antiradang pada jahe juga bisa meredakan mual yang biasanya muncul ketika asam lambung naik.

2. Melonggarkan Pakaian

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yakni mengendurkan ikat pinggang atau melepas kancing celana yang dipakai. Ternyata salah satu pemicu asam lambung naik karena tekanan pada perut akibat dari penggunaan pakaian dan celana yang terlalu ketat.

3. Menegakkan Posisi Duduk

Apabila asam lambung naik saat sedang berbaring, cobalah untuk bangun dan duduk tegak. Karena, postur tubuh yang tegak dapat mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung. Langkah tersebut bisa menghentikan naiknya asam lambung.

4. Meninggikan Posisi Kepala

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yakni meninggikan posisi kepala. Apabila asam lambung naik saat malam hari atau waktu tidur tiba, maka coba posisi kepala lebih tinggi. Bila perlu, sanggah bagian pinggang dengan bantal, agar posisi tidur kamu membentuk sudut 30-45 derajat. Posisi tidur seperti itu bisa meringankan rasa tidak nyaman.


5. Mengunyah Permen Karet

Pertolongan pertama saat asam lambung naik yakni mengunyah permen karet. Konon mengunyah permen karet dapat meredakan gejala asam lambung naik, karena mengunyah dapat membuat produksi air liur meningkat. Mengunyah permen karet juga bisa mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan, hingga gejala asam lambung membaik. Itulah pertolongan pertama saat asam lambung naik yang aman dan bisa dicoba. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut