get app
inews
Aa Read Next : Dijamin Lancar, Ini Tips Nyaman Puasa bagi Penderita Maag

6 Makanan yang Menyebabkan Asam Lambung Naik, Cokelat Salah Satunya

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:24 WIB
header img
Ilustrasi (foto/ist)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idAsam lambung dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala asam lambung naik adalah seperti rasa terbakar di dada yang bisa memburuk Ketika makan atau berbaring. Dapat juga desertai rasa mual hingga sesak nafas.

Untuk mencegah kambuhnya asam lambung kita harus memperhatikan pola makan. Makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam lambung naik ini perlu kamu ketahui. Terlebih jika kamu menderita sakit maag. Jika tetap dikonsumsi, makanan ini bisa menjadi faktor penyebabnya dan hal ini merupakan suatu keadaan yang sering membuat penderita merasa nyeri disertai rasa panas pada bagian dada. 

Pada keadaan kondisi normal, asam lambung berada di perut untuk membantu proses pencernaan makanan, lalu pengontrol asam lambung yang berbentuk cincin adalah jaringan otot yang disebut dengan sfingter esofagus.

Ketika penderita mengalami GERD atau gastroesophageal reflux disease, klep pengatur asam lambung tersebut tidak bekerja dengan optimal sehingga sfingter tidak bisa menutup dengan benar yang mengakibatkan asam lambung dari perut kembali naik ke kerongkongan. 

Selain itu, ternyata makanan juga menjadi faktor yang menyebabkan asam lambung naik. Apa saja makanan yang menyebabkan asam lambung naik itu? Berikut makanan yang menyebabkan asam lambung naik:

1. Tomat dan Jeruk

Tomat dan Jeruk memang buah-buahan yang kaya akan manfaatnya, namun buah-buahan ini perlu dihindari bagi penderita asam lambung karena mempunyai rasa asam yang tinggi sehingga memperburuk gejala asam lambung.

2. Bawang Putih, Bawang Bombay, dan Cabai

Makanan yang mengandung bawang putih, bawang bombay serta cabai yang membuat makanan menjadi pedas apalagi terdapat senyawa capsaicin pada cabai yang memicu iritasi pada dinding lambung serta dapat menyebabkan produksi asam lambung yang meningkat dan juga menimbulkan sakit dengan sensasi panas seperti terbakar di perut atau disebut dengan heartburn.

3. Makanan yang Berlemak

Makanan yang prosesnya dengan cara digoreng bahkan mengandung minyak atau lemak yang tinggi dapat menimbulkan malfungsi lower esophageal sphincter (LES) atau esofagus melemah serta dapat menghambat proses pengosongan perut. Contoh makanan yang tinggi lemak adalah kerupuk dan sejenisnya, daging olahan seperti smoked beef, burger, ham, dan sejenisnya. Jeroan dan lemak daging babi, sapi dan kambing. Aneka saus dan mayones.

4. Makanan bersantan dan sejenisnya

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi menyebabkan resiko yang lebih besar untuk gejala refluks sehingga mengurangi total asupan lemak harian dapat membantu.

5. Cokelat

Methylxanthine yang terkandung dalam cokelat dapat melonggarkan kinerja otot pengendali klep pada esofagus sehingga cairan yang membantu proses pencernaan bisa kembali naik ke kerongkongan. Selain itu, coklat juga mengandung kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang mengakibatkan refluks.

6. Makanan yang Mengandung Susu Sapi

Pada sebuah studi menjelaskan bahwa GERD disebabkan oleh seseorang yang alergi terhadap susu sapi, hal ini biasanya sering terjadi pada anak-anak yang tidak bisa mengkonsumsi makanan atau produk yang mengandung susu sapi atau bisa disebut dengan intoleransi laktosa.

Nah itu lah beberapa makanan yang menyebabkan asam lambung naik yang perlu dihindari. Selain itu menjaga pola makan dan pola hidup juga menjadi salah satu kunci agar tetap sehat.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut