get app
inews
Aa Read Next : Viral Aksi Preman Cegat Truk dan Paksa Sopir Bayar Rp20 Ribu

Kisah Preman Pensiun Jadi Tukang Bubur, Punya 8 Cabang hingga Omset Ratusan Juta Sebulan

Minggu, 13 November 2022 | 15:27 WIB
header img
Kisah Preman Pensiun Jadi Tukang Bubur, Punya 8 Cabang hingga Omset Ratusan Juta Sebulan (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idKisah Seorang pemuda yang pernah jadi preman dan kini pensiun memilih beralih profesi yang halal dengan menjadi tukang bubur, sosok pemuda ini bernama Jerry. Keputusan ia mencari rezeki dengan cara halal membuatnya sukses hingga memiliki beberapa cabang.  Dia bercerita, sebelum menjadi juragan bubur ayam, pernah menjadi preman di terminal. Masa lalunya tidak hanya merugikan dirinya tapi juga keluarganya. 


Namun Seiring berjalannnya waktu pada akhirnya dia sadar untuk memperbaiki diri demi hidup dan keluarganya dengan menjalani kehidupan yang lebih baik dan berkah. Pasalnya, menurut Jerry meski uang selalu ada saat jadi preman, tapi tidak jelas digunakan untuk apa.

"Dulunya preman saya. Anak nakal intinya, Hidup di terminal, Kalau orang hidup di jalanan itu uang memang banyak, tapi tidak jelas. Makanya saya harus beralih profesi. Kalau enggak, kita masih di tempat yang sangat buruk, makanya saya alih profesi untuk berusaha dan mencari berkah," kata Jerry, dikutip dari YouTube Kawan Dapur. 

Pada tahun 2003 ia pensiun dari preman kemudian dia pun belajar membuat bubur ayam dari kakaknya. Pada awal menjadi tukang bubur, dia mendapat pinjaman gerobak dari tetangganya. Namun jualan bubur ayam ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena beberapa kali mengalami kegagalan.

Dia berjualan keliling di Kampung Rambutan, Jakarta Timur, kemudian dia mencari tempat mangkal mulai dari Tebet hingga Kuningan. Namun sewa tempat di lokasi tersebut mahal hingga akhirnya dia menemukan tempat yang cocok di Pademangan, Jakarta Utara pada 2012. 

"Di Tebet dan Kuningan enggak cocok karena kontrak mahal, lalu lari ke Pademangan, dapat tempat dan ngontrak di sana pada 2012," ujarnya.  Usaha dengan nama Bubur Ayam Special Bang Jerry Khas Pemalang itu ternyata laris manis di Pademangan hingga dua bulan kemudian, dia membuka cabang kedua di sana. Hingga akhir tahun lalu, dia sudah memiliki 8 cabang, dengan rincian 4 di Pademangan, 2 di Mangga Besar, dan 2 di Cikupa Tangerang. 

Tiap cabang rata-rata habis 9 liter per hari. Namun, khusus di pusatnya, bubur ayamnya jual pagi dan malam hari.  "Ada yang (bawa) 9 liter, ada yang 5, 6, 8, sama 7. Kalau di sini 9 liter. Kalau sore 5 liter. Rata-rata 8-9 liter. Satu porsi (bubur ayam) Rp10.000. Kalau hari libur, bisa bawa 20 liter," tuturnya.
 

Semua cabang bubur ayam miliknya ramai pembeli. Bahkan, dia memiliki 17 karyawan di sejumlah cabang tersebut. Dengan ramainya pembeli di 8 cabang bubur ayam yang dimilikinya, diperkirakan omsetnya mencapai ratusan juta per bulan. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut