get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Politisi Muslim di Parlemen Inggris Capai Rekor Tertinggi, Ini Pemicunya

5 Keutamaan Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali, Dipermudah Urusannya hingga Hajat Terkabul

Kamis, 03 November 2022 | 19:34 WIB
header img
5 Keutamaan Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali, Dipermudah Urusannya hingga Hajat Terkabul. Pic: Instagram/@alquranku.id

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Terdapat banyak manfaat membaca Surat Yasin 3x yang perlu Muslim ketahui. Surat Yasin merupakan jantungnya Al Quran. Selain dianjurkan dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dan orang yang sudah meninggal, Surat Yasin juga memiliki manfaat atau khasiat untuk hajat dan memudahkan urusan yang sulit.

Membaca surat yasdin sebanyak 3 kali diyakini mampu menggetarkan hati para pembaca maupun yang mendengarnya. Tidak heran beigu banyak manfaat yang didapatkan dari membaca surat yasin sebanyak tiga kali.

Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad.

Manfaat Membaca Surat Yasin 3x

Pengasuh Ponpes Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan, Prof Dr KH Abdul Ghofur mengungkapkan, manfaat membaca Surat Yasin 3x dan 7x akan memudahkan urusan sulit yang dihadapi seseorang seperti terlilit utang dan ketakutan luar biasa karena ada persoalan.

Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad. Manfaat Membaca Surat Yasin 3x Pengasuh Ponpes Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan, Prof Dr KH Abdul Ghofur mengungkapkan, manfaat membaca Surat Yasin 3x dan 7x akan memudahkan urusan sulit yang dihadapi seseorang seperti terlilit utang dan ketakutan luar biasa karena ada persoalan.

Dalam pengajiannya yang diunggah di kanal YouTube, KH Abdul Ghofur menjelaskan, salah satu keutamaan Surat yasin jika diamalkannya rutin akan mendatangkan keberkahan. Seperti karena ketakutan luar biasa karena kesalahan dan terlilit hutang.  "Maka dianjurkan membaca Surat Yasin 3x, insyaallah akan dimudahkan urusannya termasuk utang-utangnya. Kalau urusannya lebih besar lagi, dianjurkan untuk menambah jumlah bacaan surat yasin sebanyak 7x dengan satu tujuan mengharap ridho Allah," katanya.

Berikut 5 Manfaat Membaca Surat Yasin 3x

1. Dimudahkan Urusan

Sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara manfaat Surat Yasin ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.  Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga menjelaskan:

 وَلِهَذَا قَالَ بَعْضُ الْعُلَمَاءِ: مِنْ خَصَائِصِ هَذِهِ السُّورَةِ: أَنَّهَا لَا تُقْرَأُ عِنْدَ أَمْرٍ عَسِيرٍ إِلَّا يَسَّرَهُ اللَّهُ. وَكَأَنَّ قِرَاءَتَهَا عِنْدَ الْمَيِّتِ لِتُنْزِلَ الرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ، وَلِيَسْهُلَ عَلَيْهِ خُرُوجُ الرُّوحِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ.

Sebagian ulama berkata: “Di antara keistimewaan surat ini (surat Yasin), sesungguhnya tidaklah surat Yasin dibacakan pada suatu perkara suit, melainkan Allah Swt memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya surat Yasin di sisi mayat agar turun rahmat dan berkah dan memudahkan baginya keluarnya ruh.

2. Mendapat Syafaat

Surat Yasin yang dibaca secara rutin manfaatnya akan mendatangkan syafaat baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini disebutkan hadits dalam Tafsir Ruhul Al Bayan seperti dilansir dari nunganjuk:

 وفي الحديث : “ إنَّ فِي الْقُرْآنِ لَسُوْرةٌ تَشْفَعُ لِقَارِئِها وَيَغْفِرُ لِسَامِعِهَا تُدْعَى فِي التوراةِ الْمُعِمَّةَ” 

Artinya: Dalam Hadits disebutkan “sesungguhnya di dalam Al Quran terdapat suatu surat yang dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan bagi yang mendengarnya.

 

3. Dikabulkan Hajat

Manfaat membaca Surat Yasin secara rutin lainnya yakni dikabulkan hajatnya sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut: 

 من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله Artinya:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

4. Mendapat Kebahagiaan

Orang yang membaca Surat Yasin secara rutin juga manfaatnya akan mendapatkan kebahagiaan sepanjang hari.

 وَعن يحيى بن كثير قال : “بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ”

Artinya: Diriwayatkan dari Yahya Ibn Katsir dia berkata “Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat gembira sampai pagi.

5. Dihindarkan dari Kejahatan

Surat Yasin yang dibacakan rutin juga bisa menjadi wasilah untuk menolak kejahatan dan bencana serta kesedian di akhirat.  

 تدفَعُ عَنْ صاحِبِهَا كُلَّ سُوْءٍ وتَقْضِي لَهُ كُلَّ حَاجةٍ وَتُدْعَى الدَّافعَةَ والقَاضِيَة

Artinya: (Surat Yasin) dapat menolak bencana dan kesedihan akhirat dan semua kejahatan, juga dapat memenuhi semua keperluannya.

Demikian ulasan mengenai manfaat membaca Surat Yasin 3x yang perlu diketahui Muslim. Yuk amalkan! Wallahu A'lam Bimurodihi
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut