get app
inews
Aa Read Next : Ketika Iran Mulai Nyerang Israel, Seperti Ini Reaksi Dunia

5 Kota di Dunia yang Hanya Dihuni Satu Orang, No 4 Penduduknya Jadi Wali Kota Sekaligus Bendahara

Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:02 WIB
header img
Kota Monowi, Nebraska termasuk 5 kota di Dunia yang hanya dihuni satu orang penduduk. Foto Wikipedia

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Definisi sebuah kota umumnya merupakan sejumlah penduduk yang hidup bersama dalam satu wilayah. Namun berbeda dengan kota - kota ini yang hanya ditinggali satu orang saja.

Uniknya, di salah satu kota ini, seorang penduduk harus merangkap tugas menjadi warga sekaligus walikotanya sendiri. Lantaran tidak ada siapa-siapa selain dirinya di kota tersebut

Penasaran kota mana sajakah itu? inilah 5 kota di dunia yang hanya dihuni satu orang dikutip dari berbagai sumber.

1. Jordan, River

Jordan River adalah sebuah kota kecil di Kanada dengan pantai yang indah serta masih memiliki alam yang natural. Dahulu, kota ini sangat berkembang pesat karena industri penebangan kayunya. Sayangnya kini hampir seluruh penduduk telah pindah lantaran sering terjadi bencana seperti gempa dan banjir. Namun seorang warga bernama Hugh Pite menolak untuk pindah. Meski sudah diperingatkan tentang bahaya, namun secara tegas dia mengatakan akan tetap tinggal disana.


2. Villa Epecuen, Argentina

Villa Epecuen adalah sebuah desa wisata yang berada di Provinsi Buenos Aires, Argentina. Pada 1970-an desa yang terletak di pantai timur Laguna Epecuen ini dapat menampung hingga 5000 pengunjung. Hampir 280 bisnis beroperasi di desa ini, diantaranya adalah toko, museum, spa, dan tempat penginapan. 

Pada November 1985 air di bendungan jebol akibat musim hujan panjang yang lebih intens dari biasanya. Banjir besar melanda sebagian besar kota ini dengan ketinggian mencapai 10 meter. Peristiwa naas ini juga terulang kembali pada 1933. Hampir 25 tahun kemudian, pada 2009 air perlahan surut dan Villa Epecuen mulai terlihat di permukaan. Akan tetapi tidak ada satupun yang berani kembali kecuali Pablo Novak, pria berusia 81 tahun yang menjadi satu-satunya penduduk desa ini

3Buford, Wyoming

Buford adalah sebuah kota kecil di Amerika Serikat yang hanya dihuni oleh seorang penduduk. Kota yang terletak di ketinggian 2.400 m ini awalnya ditinggali oleh sebuah keluarga sejak 1980. Sampai akhirnya pada 1992 sang suami Simmons membeli kota tersebut. 

Di tahun 1995, istri dari pemilik kota ini meninggal. Sedangkan putranya memutuskan untuk pergi dari kota tersebut pada 2007. Sehingga hanya dirinya yang tersisa sebagai penduduk. Pada 2013 nama Kota Buford berubah menjadi  "PhinDeli Town Buford" setelah dibeli oleh orang Vietnam.

4. MonowiNebraska

Berikutnya ada Monowi, kota kecil ini merupakan salah satu kota di dunia dengan penduduk satu orang, yaitu Elsie Eiler. Uniknya, wanita usia 87 tahun ini merupakan warga, walikota sekaligus bendahara, sebab tidak ada orang lain selain dirinya di kota tersebut. Sebelumnya kota ini dihuni oleh 150 orang, namun setelah Perang Dunia II kota ini mulai diditinggalkan oleh penduduk. Pada tahun 2000-an hanya 2 orang yang tersisa, Elsie dan Rudy suaminya. Namun suaminya itu telah meninggal dunia. 

5. TomiokaJepang

Naoto Matsumura adalah satu-satunya penghuni Kota Tomioka, Jepang. Kota ini tercemar oleh nuklir akibat pembakit tenaga nuklir Fukushima yang hancur setelah diterjang tsunami dan gemla pada maret 2011 silam. Sehingga ribuan orang tepaksa harus dievakuasi dari daerah tersebut. Naoto Matsumura sempat melarikan diri bersama ribuan orang lainnya. Akan tetapi ia memilih kembali lagi untuk merawat tanah, hewan terlantar dan pemakaman lokal.

Itulah 5 Kota di Dunia yang Hanya Dihuni Satu Orang Penduduk , unik bukan?

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut