get app
inews
Aa Read Next : 5 Ide Sarapan Simpel di Pagi Hari dengan Gizi Tinggi

Sarapan dengan Bubur Kacang Hijau? Yuk Kenali 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 24 Oktober 2022 | 05:59 WIB
header img
Ilustrasi Kacang Hijau (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Bubur kacang hijau menjadi salah satu makanan favorit untuk sarapan. Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang dapat menggantikan dalam konsumsi nasi yang biasanya disantap dalam bentuk sup, dijadikan bubur, atau sebagai isian berbagai macam menu makanan lainnya.


(Foto: Ist)

Ternyata di balik bentuknya yang sederhana, kacang hijau memiliki maanfaat dengan banyak nutrisi yang melimpah dan diperlukan tubuh.

Dikutip dari webMD, berikut manfaat sarapan kacang hijau untuk kesehatan Anda.

1. Mengurangi Gejala Depresi

Vitamin B yang terkandung dalam kacang hijau dapat mengurangi depresi. Folat dalam vitamin B membantu mengurangi jumlah homosistein dalam tubuh Anda. Terlalu banyak homosistein dapat mengganggu produksi alami serotonin, dopamin, dan norepinefrin, hormon yang mengatur suasana hati serta tidur dan nafsu makan Anda.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang hijau kaya akan serat. Ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Menjaga usus

Kacang hijau termasuk makanan yang mudah diserap tubuh. Dengan demikian ia dapat membantu memperbaiki gejala gangguan pencernaan.

4. Melindungi tulang

Kacang hijau kaya akan vitamin K , dan juga mengandung jumlah kalsium yang cukup . Nutrisi ini penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat serta mengurangi risiko patah tulang.

5. Mengobati Anemia

Zat besi adalah bagian penting dari sel darah merah yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke semua sel lain di seluruh tubuh Anda. Asupan zat besi yang tidak mencukupi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, kelemahan, dan pusing. Kacang hijau menyediakan sumber zat besi nabati yang dapat membantu Anda mendapatkan jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk menghindari anemia.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut