get app
inews
Aa
Read Next : Lucu! Pria Ini Curi Mobil Miliknya Sendiri dan Berakhir Masuk Bui

7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal, Apakah Kotamu Termasuk?

Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:43 WIB
header img
7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termahal, Apakah Kotamu Termasuk?(Foto: Wikipedia)

 

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kehidupan perkotaan umumnya memiliki tingkat perekonomian yang lebih maju, namun hal itu juga berbanding lurus dengan biaya hidupnya yang meroket. Kebutuhan rumah tangga, biaya komunikasi, biaya transportasi hingga biaya kesehatan di kota memiliki tarif yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan pedesaan.

Mahalnya biaya hidup di kota dipengaruhi oleh banyak faktor, biasanya semakin tinggi angka penduduk sebuah kota maka semakin tinggi pula harga kebutuhannya.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk tinggal di kota besar seseorang harus mememahami berbagai tantangan yang akan di hadapi, termasuk perihal biaya hidup.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 kota dengan biaya paling mahal di Indonesia.

1. Jakarta

Jakarta menduduki urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Kota dengan jumlah penduduk mencapai 275 juta jiwa ini memiliki pengeluaran rata-rata perkapita sebesar Rp4.446.770. Pengeluaran rata-rata perkapita adalah total pengeluaran yang dihabiskan dalam satu bulan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi seluruh anggota keluarga, baik dalam bentuk pembelian, pemberian, maupun produksi sendiri. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.897.727. Jakarta juga merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak di indonesia, tak heran jika biaya hidup di kota ini sangat tinggi dibanding kota lainnya.

2. Surabaya

Surabaya berada di urutan kedua seteleh Jakarta. Kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki total rata-rata pengeluaran perkapita mencapai Rp4.240.902. Sementara total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp16.115.429. Kota surabaya juga dikenal sebagai sentral bisnis, industri, perdagangan serta pendidikan di kawasan timur Pulau Jawa.

3. Bekasi

Bekasi menjadi kota yang diminati oleh sebagian warga daerah dalam mencari pekerjaan, sebab kota ini memiliki upah minimum kota paling tinggi di Jawa Barat yakni sebesar Rp4,8 Juta.

Dengan UMK yang cukup tinggi tersebut, biaya hidup di kota ini pun ikut mahal. Total pengeluaran perkapita di Bekasi mencapai Rp4.119.168. Sementara total rata-rata pengeluaran rumah tangganya sekitar Rp16.888.582. 

4. Depok

Tak beda jauh dengan Bekasi, meski Depok bukan kawasan industri namun jumlah perusahaan asing di kota ini kian menjamur. Bahkan menurut Wali Kota Depok periode 2016 - 2021, Pradi Supriatna mengatakan perputaran uang di kota ini pada 2018 mencapai 30 triliun tiap tahunnya. 

5. Semarang

Semarang merupakan kota dengan beragam julukan, namun lebih populer dengan sebutan kota lumpia. Total pengeluaran di kota ini rata-rata mencapai Rp3.257.315 per kapitanya. Sedangkan total angka pengeluaran rumahtangganya adalah Rp13.608.725. 

6. Tangerang

Banyaknya industri di kota tangerang menjadikan kawasan ini salah satu kota dengan biaya hidup paling mahal di indonesia. Total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Tangerang mencapai Rp3.287.159. Sementara total rata-rata pengeluaran rumah tangganya mencapai Rp12.491.204.

7. Makassar

Terakhir, Makassar memiliki total rata-rata pengeluaran perkapita sebesar Rp3.253.338. Sementara total pengeluaran rumah tangga di Ibu Kota Sulawesi Selatan ini mencapai Rp12.226.313.

Itulah 7 kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia, apakah kotamu termasuk?

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut