get app
inews
Aa Read Next : Viral! Betharia Sonata Dikabarkan Alami Stroke, Willy Dozan Setia Menemani

3 Jenis Herbal yang Dapat Mencengah Hipertensi, Paterseli Salah Satunya

Senin, 17 Oktober 2022 | 20:36 WIB
header img
(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idHipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah berada diangka 130/80 mmHg atau lebih. Tekanan darah tinggi atau disebut hipertensi, merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan jantung dan anggota tubuh lainnya. Jika tidaksegera ditangani bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti Jantung, penyakit ginjal hingga stroke.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA, menjelaskan Bahwa seseorang menderita hipertensi yang tidak dikontrol bisa menjadi kontributor tunggal penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal. Untuk itu penderita hipertensi wajib memperhatikan asupan garam yang dikonsumsinya. 

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," katanya beberapa waktu lalu. Dia pun menjelaskan penyandang hipertensi memiliki beberapa pantangan, khususnya ketika memilih makanan. Penderita hipertensi pun dianjurkan untuk lebih sering mengosumsi beberapa herbal yang baik untuk tubuh. 

Berikut ini jenis-jenis herbal yang dilansir dari laman Health Line baik dan aman dikonsumsi penderita hipertensi: 

1. Bawang putih

yang pertama aa bawang putih, Bukan rahasia lagi kalau bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung Anda. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.  Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi membuktikan dengan mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.

Mengacu pada kebutuhan herbal, belum lama ini Garlicoplus hadir sebagai varian bumbu dengan aroma bawang bawang putih. Garlicoplus dari PT Ajinomoto ini memberikan solusi terbaik sebagai bumbu yang dapat meningkatkan rasa, aroma, dan karakter bawang putih segar menjadi lebih kuat dan tahan lama. Varian bumbu bawang putih ini juga aman dikonsumsi dan dipakai sebagai pelezat makanan, khususnya bagi penderita hipertensi.

“Garlicoplus dibuat dari bahan baku unik dan spesial, menggunakan teknologi terbaru dari Ajinomoto yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas rasa dan aroma bawang putih pada berbagai olahan makanan setelah proses pemanasan,” kata Toni Iskandar, Head of Industry Dept PT Ajinomoto. 

2. Basil Basil ( Ocimum basilicum )

Basil adalah jenis daun ramuan beraroma khas, yang tersedia dalam berbagai bentuk. Daun ini populer sebagai pengobatan alternatif, karena memiliki senyawa kuat. Basil manis mengandung eugenol tinggi. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati ini dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah. Bahkan sebuah studi menunjukkan, bahwa eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami.

3. Peterseli Paterseli ( Petroselinum crispum )

Paterseli merupakan ramuan yang populer dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah. Daun ini aslinya berasal dari Mediterania, serta memiliki kandungan nutrisi yang cukup kuat. Peterseli mengandung berbagai senyawa seperti vitamin C dan karotenoid makanan, yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa antioksidan karotenoid menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (jahat), faktor risiko penyakit jantung.


 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut