get app
inews
Aa Read Next : Hingga Hari Kelima Kontingen Provinsi Banten Raih 110 Medali

Ini Daftar 5 Kota di Indonesia Yang Rawan Banjir Saat Musim Hujan Termasuk Di Antaranya Pandeglang

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 12:12 WIB
header img

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Kondisi geografis Indonesia yang memiliki dua musim kemarau dan hujan yang banyak terjadi dampaknya, jika musim penghujan tiba sejumlah kota di Indonesia  rawan dilanda banjir. Situasi tersebut bukan hanya dirasakan  hanya di kota-kota besar saja di Kabupaten Pandeglang, Banten  juga hal ini sudah lazim untuk wilayah-wilayah tertentu.

Kendati demikian, dikota lainnya yang menduduki peringkat di atas Pandeglang pun juga banyak. di Jakarta sendiri hal ini sudah dianggap umum  banyak daerah di Kota Jakarta terendam banjir dan menjadi langganan banjir. Bahkan tanpa diguyur hujan pun, wilayah tersebut bisa juga terendam banjir. 

Berikut ini  5 kota di Indonesia yang rawan dilanda  banjir adalah :

1. Pandeglang

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir sehingga banyak rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Jika banjir terjadi sejumlah akses jalan di wilayah ini pun terputus akibat air merendam.  Beberapa wilayah yang rawan dilanda banjir seperti di Desa Kalanganyar di Kecamatan Labuan, Desa Citeureup di Kecamatan Panimbang, Desa Taruma Nagara dan Desa Banyuasih di Kecamatan Cigeulis, dan Desa Margagiri di Kecamatan Pagelaran.

Selain itu, pernah banjir juga pada Kamis (4/8/2022) permukiman warga diterjang luapan banjir setinggi satu meter lebih  di Desa Pasir Kadu, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang. Banjir tersebut menyebabkan akses jalan terputus.


2Solo

Kota berikutnya adalah  Solo  masuk dalam deretan  salah satu kota di Indonesia yang rawan banjir.  Di solo  tercatat ada 30 titik daerah yang  sudah dipetakan titik rawan banjir yang harus di waspadai warga masyarakat. Wilayah kelurahan yang rawan dilanda banjir itu kebanyakan berada di sekitar  aliran sungai, baik  itu sungai yang berada di perkotaan maupun Sungai Bengawan Solo. Hal itu apabila terjadi musim hujan tiba, sungai-sungai yang berada di Solo pun akan meluap dan mengakibatkan  banjir.

3. Bogor

Selanjutnya kota yang termasuk rawan dilanda banjir adalah Bogor. Kota yang dikenal  “Kota Hujan” itu ternyata termasuk kota di Indonesia yang menjadi langganan banjir.

Berdasarkan catatan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor ada 25 kejadian bencana yang terjadi pada Sabtu 27 Agustus 2022 lalu. Bencana tersebut terjadi karena intensitas  tinggi mengakibatkan hujan  deras yang disertai angin kuat. Penyebab Bogor sering terjadi banjir karena intensitas hujan yang tinggi dan banyaknya saluran air atau drainase yang sudah tertutup beton.

4. Bandung

Bandung termasuk kota dalam deretan rawan dilanda banjir kedua setelah Jakarta. Pada Oktober 2022 sejumlah  13 kecamatan di Kota Bandung mengalami banjir. Wilayah tersebut adalah wilayah yang  rawan banjir akibat berbagai kondisi.

Diantara  Kecamatan yang rawan tersebut adalah Kecamatan Andir, Astanaanyar, Babakan Ciparay, Bandung Kulon, Bandung Kidul, Panyileukan, Batununggal, Bojongloa Kidul, Rancasari, dan Kiaracondong. Penyebab wilayah tersebut rawan dilanda banjir  karena benteng yang jebol, penyempitan jalur di sungai, dan faktor perubahan ekosistem.

5. Jakarta

Kota yang terakhir dalam urutan kota di Indonesia  yang rawan dilanda banjir yaitu Jakarta. Ibukota Indonesia tersebut menjadi salah satu kota di Indonesia yang sering dilanda banjir. Saat musim penghujan tiba  banyak daerah di Kota Jakarta terendam banjir dan menjadi langganan banjir. Bahkan tanpa diguyur hujan pun, wilayah tersebut bisa juga terendam banjir.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatin) BPBD DKI M Ridwan mengatakan, terdapat 17 kecamatan, 25 kelurahan dan 86 RW di Jakarta terdeteksi sebagai wilayah yang rawan banjir ketika diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Bahkan banjir  di Jakarta  tercatat pernah mengalami banjir besar pada 1918. Saat musim hujan dan hujan turun dengan intensitas tinggi, beberapa wilayah di Indonesia mudah dilanda banjir.  

Nah itulah daftar 5 Kota di Indonesia rawan  banjir saat musim hujan tiba. 

Artikel ini bersumber dari Okezone.com dengan judul Deretan Kota yang Rawan Banjir saat Musim Penghujan

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut