get app
inews
Aa Read Next : Keliling Kantor Setda, Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti Pesan Tingkatkan Disiplin Pegawai

Al Muktabar Pastikan Penanganan Banjir Bandang di Lebak Selatan Berjalan Optimal

Kamis, 13 Oktober 2022 | 20:08 WIB
header img
Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan jajaran kunjungi korban banjir bandang di Lebak Selatan, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten dan meninjau kondisi jembatan Cimadur Legon yang terputus akibat banjir bandang. Foto Istimewa

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengunjungi korban banjir bandang di Lebak Selatan dan meninjau kondisi jembatan penghubung dua desa antara Desa Bayah Timur dan Desa Cimancak,  Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada Kamis, (13/10/22). Jembatan tersebut yakni Jembatan Cimadur Legon yang tersapu banjir bandang beberapa hari lalu.

Al Muktabar memastikan penanganan banjir bandang yang melanda di sejumlah kecamatan di Lebak Selatan berjalan optimal dan lebih cepat.

"Hari ini kita meninjau langsung Jembatan Cimancak dan kita juga melihat langsung korban bencana banjir di Ponpes Nurul Huda, Kampung Taringgul, kita akan melakukan koordinasi dengan Bupati Lebak dan menghitung untuk  penanganan darurat yang lebih cepat," katanya kepada wartawan.

Didampingi  para staf jajaran  Pemprov Banten juga kepala desa setempat Kades Bayah Timur, Rapik Rahmat Taufik. Kehadirannya PJ Gubernur Banten  di lokasi bencana untuk memastikan warga terdampak mendapatkan penanganan  baik dan  optimal. Tak hanya itu Al Muktabar juga menyebut sudah berkoordinasi dengan berbagai unsur terkait.

"Kita sudah melakukan koordinasi untuk pijam Baliey (jembatan sementara) ke Jawa Tengah untuk tanggap darurat, dan mungkin dua tiga bulan ini kita menghitung alokasi anggarannya," tuturnya.

Adapun kata dia, soal dana Belanja Tidak Terduga (BTT) pihaknya sedang dalam proses. "Terkait dana BTT secara teknis  kita-kita akan hitungkan harus melalui administrasi dan nanti kita akan kasih tahu juga kepada awak media," pungkasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Provinsi Banten  untuk sementara menyiagakan perahu karet  bagi masyarakat Desa Bayah Timur dan Desa Cimancak untuk mempermudah akses penyebrangan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan bahwa penggunaan perahu ini terpaksa dilakukan karena jembatan putus diterjang banjir. Tim BPBD bersama masyarakat hadir selalu di lokasi guna menjamin mobilitas pelajar dan masyarakat. BPBD Provinsi Banten dan BPBD Kabupaten Lebak serta Relawan berkolaborasi bersama memfasilitasi perahu sebagai sarana penyeberangan di daerah itu.

Sebelumnya, Bupati Iti Octavia Jayabaya juga mengunjungi lokasi ini. Warga setempat tentunya berharap kunjungan para pejabat tersebut dapat segera berbuat banyak agar  aktivitas mereka dapat kembali berjalan normal.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut