get app
inews
Aa Read Next : Waspada Asam Urat Kambuh saat Lebaran, Hindari Makanan dan Minuman Ini

7 Cara Ampuh Mengobati Asam Urat dengan Bahan Alami dan Aman Dikonsumsi

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 21:51 WIB
header img
Asam urat kambuh (Foto: Shutterstock/Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan serta ada rasa panas di persendian. Cara ampuh mengobati asam urat bisa menggunakan bahan-bahan alami, dan tentu saja sangat aman tidak akan membahayakan.

Asam urat sendiri adalah produk limbah yang terbentuk dari pemecahan purin.  Purin merupakan zat yang dapat ditemukan secara alami di dalam tubuh dan dalam makanan. Beberapa makanan yang mengandung purin contohnya seperti jeroan, kerang, kepiting dan lain sebagainya.  


(Foto: Ist)

Kadar asam urat yang normal pada laki-laki umumnya di bawah 7 mg/dL. Sedangkan pada wanita yaitu di bawah 6 mg/dL. 

Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, hal ini bisa menyebabkan penyakit asam urat atau gout.  Bnyak cara untuk mengobati dan mengatasi asam urat yang tinggi. Lalu, apa saja cara ampuh mengobati asam urat secara alami? 

1. Minum banyak air putih 

Meningkatkan konsumsi cairan dipercaya dapat memicu ginjal seseorang untuk melepaskan kelebihan cairan, yang dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.  Air putih adalah minuman terbaik yang wajib dikonsumsi lebih banyak oleh penderita asam urat ini. 

2. Konsumsi makanan kaya vitamin C 

Dilansir dari Verywell Health, beberapa bukti telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. 
 

Namun, beberapa orang dalam kondisi tertentu juga tidak boleh secara sembarangan mengkonsumsi suplemen vitamin C. misalnya, orang dengan penyakit ginjal harus terlebih dulu konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin C ini. 

Selain itu, vitamin C juga diklaim dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat besi dari makanan, sehingga penderita hemokromatosis tidak boleh mengkonsumsi suplemen vitamin C. 

Sebagai solusi aman, penderita asam urat bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.
 

3. Minum kopi 

Sebuah tinjauan dan meta analisis pada 2016 telah menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak kopi cenderung tidak memiliki penyakit asam urat. 

Namun, hanya karena penelitian menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi yang lebih tinggi dan risiko asam urat yang lebih rendah, bukan berarti bahwa kopi menyebabkan risiko yang lebih rendah. 

4. Memakan buah ceri 

Buah ceri mengandung anthocyanin tingkat tinggi sebagai senyawa anti inflamasi. Para peneliti menemukan ada manfaat pengurangan gejala bagi yang makan ceri utuh ataupun jus ceri, serta orang yang mengkonsumsi ekstrak buah ceri.  Para ahli juga menemukan pengurangan risiko 75 persen untuk serangan asam urat ketika seseorang mengonsumsi ceri selain minum obat asam urat.


5. Konsumsi pisang 

Buah pisang adalah salah satu buah yang dianggap bagus untuk asam urat. Pasalnya, pisang kaya akan potasium yang dapat membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.  Tetapi, buah pisang mengandung gula, termasuk fruktosa yang bisa menjadi pemicu asam urat. 

 Jadi, penderita asam urat disarankan tidak boleh mengonsumsi pisang secara berlebihan tetapi secukupnya saja.  Sebagai alternatif, ada banyak makanan yang lebih tinggi kalium dan lebih rendah gula daripada pisang, seperti sayuran berdaun gelap dan alpukat.  Itulah cara ampuh mengobati asam urat secara alami.


6. Minum air lemon 

Para peneliti menyimpulkan bahwa sari dari buah lemon bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga mampu membantu menurunkan kadarnya. 

7. Konsumsi apel 

Buah apel mengandung asam malat yang dapat menurunkan asam urat. Di samping itu, apel juga mengandung fruktosa yang dapat memicu hiperurisemia dan menyebabkan penyakit asam urat. 

Makan satu buah apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini mungkin sedikit bermanfaat untuk asam urat, tetapi hanya jika seseorang tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebih. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut