get app
inews
Aa Read Next : Dede Rohana, Dewan Viral Banten Tak Gentar Hadapi Laporan Betsaida Hospital Mandiri Demi Bela Rakyat

Mau Dapat Cuan Jutaan dari 1 Ekor Ikan Mas Jumbo, Ikuti Rahasia Peternak Citorek

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 15:42 WIB
header img
Peternak Citorek, Lebak menujukan ikan Mas Jumbo. Foto iNews

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Ikan mas memiliki pangsa pasar yang menjanjikan untuk keperluan rumah tangga maupun usaha rumah makan. Optimisme itu, sejalan dengan pembudidayaan Ikan Mas jumbo oleh Warga Citorek Timur, Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten dengan memanfaatkan aliran sungai yang bisa menjadikan cuan jutaan rupiah dari satu ekor ikan mas super jumbo.

Hingga saat ini budidaya ikan mas jumbo memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Oleh karena itu, para peternsk ikan mas jumbo di Citorek Timur untuk dapat hasil ikan tumbuh dan berkembang cepat besar memanfaatkan Sungai Citorek di Kampung Guradog Tengah, Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Lebak sebgai tempat beternak ikan tersebut.


Budidaya Ikan Mas Super Jumbo di Citorek, Lebak, Banten bernilai jual fantastis. Foto iNews Pandeglang

Dari hasil penjualan tak tanggung-tanggung ikan jenis ini dijual dengan harga fantastis berkisar Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor. Sehinggsb menjadikan sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar.

Di wilayah tersebut aliran sungai dijadikan keramba atau biasa disebut berok bagi warga sekitar. Berok-berok ini terbuat dari bambu dan kayu yang dipasang secara permanen di dasar sungai. Dengan memanfaatkan aliran sungai, ikan-ikan mas di sini dapat tumbuh besar hingga mencapai satu setengah meter.

Ikan-ikan mas jumbo ini dijuaĺ seharga Rp100 ribu per kilogram, namun jika corak dan warna ikan mas dianggap bagus. harga ikan tersebut tidak dijual per kilogram tapi per ekor. Bahkan ada ikan Mas yang dijual seharga Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor.

Tokoh Masyarakat CItorek, Saomi Nursiawati mengatakan  sejak dahulu aliran sungai Citorek digunakan warga sebagai tempat budidaya ikan mas yang dijual sekitar Rp100 ribu per kilogram."Kalo ikan mas ini yang dijual kisaran Rp100 ribu per kilogram," katanya belum lama ini.

Menurut Saomi, melakukan usaha budidaya pembesaran ikan mas, bisa membantu mendapatkan penghasilan tambahan. Di sepanjang aliran sungai di perkampungan Citorek, nampak berjajar keramba ikan mas tertata rapi dan menjadikan pemandangan tersendiri.

Selain ikan Mas ada juga ikan jenis Kumpay dan Koi yang dipelihara di tempat ini. Semua jenis ikan air tawar ini diternakkan di dalam sebuah keramba.

Jika terjadi banjir, keramba atau berok itu akan ditutup agar Ikan Mas tidak hanyut terbawa banjir. Air yang mengalir selalu berganti tersebut membuat tumbuh ikan lebih cepat.

Uniknya ikan Mas jumbo ini tidak mati atau sakit, saat ada warga yang mencuci pakaian menggunakan sabun cuci.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut