get app
inews
Aa Read Next : Misteri Pohon Jati Terbakar dari Dalam, Hebohkan Warga Kuningan

Penyebab Gempa Bumi Magnitudo 4.2 di Kabupaten Sukabumi, Begini Penjelasan BMKG

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 03:12 WIB
header img
Penyebab gempa bumi Magnitudo 4.2 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Foto BMKG

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Gempa bumi tektonik magnitudo 4.2 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu, ( 8/10/2022) dini hari.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi dengan magnitude 4 2 SR episenter terletak pada koordinat 7.4 LS dan 106.44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 kilometer BaratDaya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 42 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas pensesaran di bawah laut," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, ST, MM dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (8/10/2022).

Ia mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cigaru dengan Skala Intensitas III MMI.

Kemudian di Cianjur Selatan dengan Skala Intensitas II - III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hingga pukul 02.02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," pungkasnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut