get app
inews
Aa Read Next : Wajib Dibaca! Dugaan Perselingkuhan Artis RK Terbongkar, Kenali 9 Ciri Suami Selingkuh

8 Artis Berdarah Madura yang Sukses di Industri Hiburan Tanah Air, Nomor 4 Blasteran India

Selasa, 04 Oktober 2022 | 17:00 WIB
header img
(Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Sejumlah Artis berdarah Madura banyak yang sukses di industri hiburan tanah air. Tidak hanya populer, Mereka juga memiliki prestasi membanggakan. Di luar karakternya yang tegas dan blak-blakan, mereka juga pekerja keras serta disiplin. Tidak hanya itu, darah seni juga mengalir dalam diri mereka. 

Madura yang terletak di timur laut Jawa Timur (Jatim) ini melahirkan banyak artis berbakat mulai dari penyanyi hingga komedian. Siapa sajakah artis berdarah Madura? Simak deretan artis berikut:

1. Irwan Krisdiyanto

Irwan Krisdiyanto atau yang biasa dikenal sebagai Irwan Sumenep lahir pada 17 November 1993 di Sumenep, Jawa Timur.

Irwan merupakan seorang penyanyi dangdut dan aktor yang berkebangsaan Indonesia.  Pria keturunan Madura ini jebolan ajang D Academy (musim kedua) pada tahun 2015 dan meraih Juara 3. Selain itu, Irwan meraih penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi dari Universitas Wiraraja, Sumenep.

2. Jhony Iskandar

Jhony Iskandar merupakan artis senior asal Madura. Artis kelahiran Sumenep Madura Jawa Timur pada 20 Oktober 1960 ini seorang penyanyi dangdut. Namanya populer dan menjadi idola masyarakat Madura di era 1980-an hingga 1990-an. 

Jhony Iskandar sangat sukses, baik sebagai penyanyi solo maupun sebagai vokalis utama grup musik dangdut jenaka, OM PMR. Sebagai penyanyi solo, dia mencetak lagu hits populer "Bukan Pengemis Cinta" yang sukses.

3. Randy Martin

Artis ganteng Randy Martin ini lahir di Surabaya pada 18 November 1998. Dia merupakan seorang aktor, model, dan penyanyi Indonesia.  Artis keturunan Madura ini memulai kariernya sebagai aktor pada tahun 2006 yang berperan sebagai Anek dalam sinetron Kecil-kecil Ngobyek yang tayang di televisi. Artis keturunan Madura ini menjadi remaja tampan favorit. Dia juga dinominasikan untuk The Most Fashionable Couple 2017 di Insert Fashion Awards bersama mantan pacarnya Cassadra Lee.
 

 4. Marissa Haque


(Foto: @marissahaque)

Marissa Grace Haque lahir di Balikpapan pada 15 Oktober 1962. Dia merupakan seorang politisi dan pemeran Indonesia keturunan Madura, Belanda, Pakistan, dan Prancis. Marissa mengawali kariernya sebagai seorang pemeran film. 

Akting Marissa di dalam drama romantis berjudul Tinggal Landas Buat Kekasih (1984) dan Biarkan Bulan Itu (1986), membuat ia mendapatkan nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia. Dia juga memenangkan salah satu perannya di film Tinggal Landas Buat Kekasih sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

5. Soraya Haque

Adik dari pemeran dan politisu Indonesia ini bernama Soraya Jasmine Haque, lahir di Palembang pada 7 Februari 1965. Soraya merupakan seorang model dan pemeran Indonesia keturunan Madura, Belanda, Pakistan, dan Prancis. Soraya atau yang akrab dipanggil aya ini memulai kariernya sebagai model dan peragawati pada awal tahun 1980-an.

Berkat pengalaman aya bertahun-tahun di bidang modeling, akhirnya dia mendirikan ‘Soraya Haque Modelling School’ pada tahun 1992.  Setelah dari dunia modeling, Aya jadi pemeran sinetron. Aya juga aktif di kegiatan sosial yang berhubungan dengan anak-anak, kegiatan aya yang lain sebagai produser dan presenter acara ibu, bayi, dan balita serta mendapatkan award dari Helen Keller Foundation.

6. Shahnaz Haque


Shahnaz Natashya Haque merupakan adik dari Marissa Haque dan Soraya Haque yang juga keturunan Madura, Belanda, Pakistan, dan Prancis. Ia lahir di Jakarta pada 1 September 1972.  Shahnaz mengawali karirnya sebagai None Jakarta II tingkat DKI 1999. Ia juga mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 1995 yang mewakili DKI Jakarta.  Shahnaz yang merupakan lulusan Fakultas Teknik Sipil UI 2022 ini juga pernah memandu acara Sehati di TPI, Kuis Digital LG Prima, Pautkan Hati di RCTI, dan Business Art di O Channel. 

 7. Imam S Arifin

Imam Sunaryo Arifin lahir pada 19 November 1960 dan meninggal pada 17 Desember 2021 di Sumenep, Jawa Timur akibat penyakit stroke yang dideritanya. Pria asal madura ini telah sukses berkat single ciptaannya yang berjudul Menari Diatas Luka dan Jandaku.

8. Ardea Annafianti Cahyani

Ardea Annafianti Cahyani adalah salah satu penyanyi dangdut asal Sumenep, Jawa Timur. Dea mengawali karirnya sebagai penyanyi karena dulu ibunya yang juga penyanyi pada masa mudanya. Ardea memulai belajar nyanyi sejak berusia 3 tahun. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut