get app
inews
Aa Read Next : 10 Manfaat Daun Kelor yang Menakjubkan Menurut Para Ahli

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Awet Muda Lho!

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 17:55 WIB
header img
Kitab suci umat Islam, Al-Quran.(Foto:Ist)

AMBON, iNewsPandeglang.idPuasa Senin Kamis, merupakan ibadah sunah yang memiliki keutamaan. Selain itu, menjalankan puasa Senin Kamis juga diganjar pahalah berlimpah. Dan Manfaat puasa Senin Kamis ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Puasa Senin Kamis juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Berikut deretan manfaat puasa Senin Kamis:

1. Mencegah Penuaan Dini

Berpuasa membuat tubuh istirahat dalam mengonsumsi makanan yang kurang baik. Apalagi mengonsumsi makanan secara berlebihan.  Pembatasan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan waktu tertentu, seperti menjalankan puasa bisa membuat tubuh tetap fit meski diusia tua.  Dilansir dari laman resmi RS Budi Sehat Purworejo, hasil penelitian yang diterbitkan The Harvard Gazette menyebutkan, puasa dapat membantu memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit. 

 

2. Menurunkan Tekanan Darah

Ketika berpuasa, tubuh tidak mengonsumsi banyak makanan, terutama makanan yang dapat memicu darah tinggi. Namun, tekanan darah bisa tetap naik saat selesai berpuasa.  Tekanan darah bisa tetap dikontrol jika tidak mengonsumsi makanan yang memicu darah tinggi.

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel tidak normal. Namun, ternyata berpuasa bisa mengurangi dan mencegah kanker. Rutin menjalankan puasa, bisa mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan di tubuh. 
 

4. Mencegah Serangan Jantung

Berpuasa secara rutin akan mengendalikan kadar insulin sehingga kadar insulin di tubuh lebih seimbang. Dengan begitu, potensi penyakit jantung atau serangan jantung juga bisa menurun.  Manfaat seperti ini juga diperoleh akibat turunnya kadar trigliserida, kolesterol dan berat badan, saat seseorang sedang menjalankan puasa Senin Kamis.  Dilansir dari laman resmi RS Budi Sehat Purworejo, penelitian yang diterbitkan British Journal of Medicine menunjukkan, seseorang yang rutin berpuasa dapat menurunkan risiko serangan jantung. 

5. Menurunkan Potensi Diabetes

Diabetes, penyakit yang semakin banyak diderita oleh kalangan dari beragam usia, mulai dari remaja hingga lansia. Dengan berpuasa, bisa menurunkan dan mengurangi potensi diabetes. Saat menjalankan puasa, kadar gula darah menurun.

6. Menurunkan Berat Badan

Berpuasa berarti mengurangi dan memberi jeda untuk mengonsumsi makanan. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak kepada tubuh.  Bagi yang rutin menjalankan puasa akan mengalami penurunan berat badan.

 Selain waktu makan yang terjeda dan teratur dengan baik, makanan yang dikonsumsi pada saat puasa pun akan bisa lebih diatur.  Namun, manfaat puasa satu ini bisa tercapai jika puasa dilakukan secara rutin. 

7. Meningkatkan Daya Ingat

Dilansir dari laman resmi RS Budi Sehat Purworejo, Mark Mattson, peneliti dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging menjelaskan, puasa dapat mempertajam daya ingat karena tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. 

Ituah deretan manfaat puasa Senin Kamis bagi kesehatan. Banyaknya manfaat yang didapat jika menjalankan puasa secara rutin.
 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut