get app
inews
Aa Read Next : Kabar Buruk, Justin Hubner Dipastikan Tak Bakal Tampil Lawan Guinea di Playoff Olimpiade Paris

Mengenal Tulang Manusia Berdasarkan Bentuk, Letak dan Jenisnya

Selasa, 27 September 2022 | 18:37 WIB
header img
(Foto: NPR/Streeter)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Tulang menjadi rangka yang sangat penting bagi tubuh karena merupakan alat gerak pasif yang juga membutuhkan otot sebagai alat gerak aktif. Tulang juga menjadi salah satu organ penting dalam tubuh. Mengenal macam-macam tulang berdasarkan bentuknya dalam tubuh manusia  sangat beragam. Keberadaannya berfungsi sebagai penyokong dan pelindung bagi organ organ dalam tubuh kita.

Macam-macam Tulang Berdasarkan Bentuk Tubuh manusia tersusun atas berbagai macam tulang yang dapat kita bedakan sesuai dengan bentuk, letak dan jenisnya.


(Foto: Ilustrasi/Freepik)

 Tulang berdasarkan bentuknya dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu tulang pipih, pendek dan pipa.

Tulang berdasarkan letaknya dikelompokkan menjadi tiga, yakni tulang kepala, badan dan gerak. Sedangkan tulang berdasarkan alat geraknya terdiri atas anggota gerak atas dan bawah, serta tulang berdasarkan jenisnya, yaitu tulang keras dan rawan.


Macam-macam tulang berdasarkan bentuknya dan contohnya adalah sebagai berikut:

1. Tulang pipa 

Tulang pipa memiliki bentuk yang panjang bulat seperti pipa. Di kedua ujungnya berbonggol yang bersinggungan langsung kepada sendi. Di dalamnya berisi sumsum kuning dan lemak, sumsum kuning yang berfungsi sebagai cadangan untuk pembentukan sumsum merah.  Contoh tulang pipa adalah tulang paha, tulang kering, tulang betis, tulang hasta dan tulang pengumpil.

2. Tulang pipih 

Tulang pipih berbentuk pipih atau tipis. Di dalamnya berisi sumsum merah sebagai tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih. Macam-macam tulang pipih yaitu tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang dada dan tulang belikat.

3. Tulang pendek 

 Tulang pendek berbentuk pendek dan bulat. Di dalamnya berisi sumsum merah yang berfungsi untuk membuat sel darah merah dan sel darah putih. Contoh dari tulang pendek adalah tulang pergelangan, ruas tulang belakang, tulang pergelangan tangan dan kaki. Tulang Berdasarkan Letaknya 

 4. Tulang Kepala 

Tulang kepala ini terdiri atas tulang-tulang pipih yang dihubungkan dengan sendi sendi mati yang tidak dapat digerakkan, kecuali rahang bawah. Tulang kepala ini berfungsi untuk melindungi organ otak dari benturan benda luar. Tulang tengkorak juga terdiri dari dua bagian, yaitu tulang tengkorak pelindung otak dan tulang membentuk wajah. Tulang pelindung otak terdiri atas: 1 Tulang dahi  2 Tulang ubun-ubun 2 Tulang tapis 2 Tulang baju 2 Tulang pelipis 1 Tulang kepala belakang  Tulang membentuk wajah terdiri atas: 2 Tulang rahang atas  2 Tulang rahang bawah  2 Tulang hidung 2 Tulang air mata 2 Tulang pipi 2 Tulang langit-langit  1 Tulang lidah  


5. Tulang Badan

Tulang badan terdiri atas ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu dan tulang pinggul. Ruas-ruas tulang belakang tersusun oleh tulang pendek berjumlah 33 ruas sebagai berikut:

 7 Ruas tulang leher 

 12 Ruas tulang punggung

 5 Ruas tulang pinggang 

 5 Ruas tulang kelangkang

 4 Ruas tulang ekor 

Tulang Dada 

Tulang dada bagian dari tulang badan yang memiliki bentuk pipih. Adapun, bagian tulang dada ini dibagi menjadi tiga, yakni bagian atas yang dilekati oleh sepasang tulang selangka, bagian badan yang dilekati oleh 7 pasang tulang rusuk sejati dan bagian taju pedang yang terbuat dari tulang rawan.

Tulang Rusuk

 -7 Pasang rusuk sejati 

 -3 Pasang rusuk palsu

 -2 Pasang rusuk melayang  Tulang Gelang Bahu 

 -Sepasang tulang selangka 

-Sepasang tulang belikat  Tulang Gelang Panggul 

-Sepasang tulang usus 

-Sepasang tulang duduk 

-Sepasang tulang kemaluan

6. Tulang Anggota Gerak 

Tulang anggota gerak terdiri atas anggota gerak atas dan gerak bawah  Tulang gerak atas terdiri atas:

2 Tulang lengan atas 

2 Tulang pengumpil

2 Tulang hasta  16 atau 2 x 8 tulang pergelangan tangan  10 atau 2 x 5 Tulang telapak tangan  28 atau 2 x 14  Tulang ruas jari tangan 

Tulang gerak bawah terdiri atas:

2 Tulang paha

2 Tulang tempurung lutut

2 Tulang kering 

2 Tulang betis  14 atau 2 x 7 Tulang pergelangan kaki  10 atau 2 x 5 Tulang telapak kaki  28 atau 2 x 14  Tulang ruas jari kaki 

 Tulang Berdasarkan Jenisnya  Setelah mempelajari macam-macam tulang berdasarkan bentuknya, ketahui juga berdasarkan jenisnya

7. Tulang Keras 

Tulang keras tersusun atas jaringan tulang keras berupa sel-sel tulang yang membentuk lingkaran dan di tengah-tengah sel terdapat saluran havers. Di dalam saluran tersebut mengalir pembuluh kapiler yang berfungsi untuk mengangkut sari makanan dan oksigen. 

8. Tulang Rawan 

Tulang rawan tersusun dari jaringan tulang rawan, tulang rawan tidak membentuk lingkaran dan tidak bisa mengalirkan havers, tulang rawan banyak mengandung perekat dan sedikit zat kapur maka dari itu tulang rawan bersifat lentur,

Itu dia macam-macam tulang berdasarkan bentuk, letak dan jenisnya. Semoga dapat membantu kalian dan menambah pengetahuan kalian ya!

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut