get app
inews
Aa Read Next : Gempa Dahsyat M7,4 Guncang Taiwan Sejak 25 Tahun Terakhir, Getaran hingga China, Jepang & Filipina

Wow, Ada Alat Makan Canggih Dari Produk Jepang, Bisa Ciptakan Rasa Asin

Selasa, 20 September 2022 | 13:41 WIB
header img
Peneliti Jepang membuat sumpit, sendok, dan mangkuk yang bisa memberikan cita rasa asin (Foto: Dok. Okezone

TOKYO, iNewsPandeglang.id – Para ahli Jepang membuat peralatan makan canggih berbasis bahan dasar listrik, seperti sendok dan sumpit yang bisa memberikan cita rasa asin. Pengguna akan merasakan masakan asin tanpa perlu menggunakan garam..

Penemuan ini dianggap sebagai inovasi yang bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan. Garam bisa membuat makanan lebih gurih, namun penggunaan berlebihan bisa menyebabkan darah tinggi, gangguan jantung, hingga stroke.

Para ilmuwan Universitas Meiji bekerja sama dengan Kirin Holdings mengembangkan peralatan pintar ini sejak beberapa tahun, seperti dilaporkan SoraNews24. Pada April lalu, para peneliti lebuh dulu memperkenalkan sumpit pintar, namun kini ada alat baru dan siap dijual ke publik.

Sumpit yang memberikan cita rasa asin itu bekerja dengan mentransmisikan ion natrium dari makanan ke mulut pengguna sehingga membuat sensasi rasa asin. Namun peneliti menemukan kendala, alat ini menggunakan tenaga listrik sementara posturnya kecil dan panjang. Oleh karena tak ada tempat untuk menanam baterai, alat itu harus dihubungkan langsung ke sumber listrik yang berada di lengan bawah pengguna.

Selain sumpit ada pula sendok dan mangkuk pintar yang baru-baru ini dipamerkan. Mereka bisa beroperasi menggunakan baterai yang ditanam secara internal. Jika alat tak dipakai, bisa diisi daya.

Sendok dan mangkuk pintar itu diklaim bisa memberikan tambahan rasa asin 1,5 kali dari biasanya. Peralatan pintar ini siap dipasarkan di Jepang awal tahun depan.

Sayangnya, produk baru yang diberi nama Erekisoruto tersebut belum diketahui harganya. Perusahaan masih menutup rapat informasinya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut