get app
inews
Aa Read Next : Sedang Asyik Indehoy Bersama Janda Muda, Pencuri Motor yang Viral di Medsos Diringkus Polisi

Sejumlah Fakta Menarik Kota Palembang, Jadi Kota Tertua di Indonesia

Senin, 19 September 2022 | 19:08 WIB
header img
Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Foto: Dok MNC Media)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Terdapat beberapa fakta menarik kota Palembang ini perlu kamu ketahui. Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini menyimpan hal-hal yang menarik untuk diulas.  Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera.

Kota Palembang dihuni sekitar 1,6 juta penduduk, salah satu kota terpadat di Indonesia. Palembang dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya karena daerahnya merupakan bekas Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai Nusantara dan Semenanjung Malaya. 

Fakta Menarik Kota Palembang :

1. Kota Tertua di Indonesia

Palembang adalah kota tertua di Indonesia. Menurut prasasti Sriwijaya atau prasasti Kedudukan Bukit pada 16 Juni 682, Palembang berusia sekitar 1340 tahun. Palembang menyaksikan kejayaan dan runtuhnya peradaban dari masa kerajaan Sriwijaya.

Nama Palembang berasal dari bahasa melayu, yaitu Pa (kata tunjuk tempat atau keadaan) dan Lembang yang artinya tanah rendah, lembah akar membengkak karena terendam air. Palembang berarti tempat yang digenangi air. Berdasarkan topografi, Palembang memang dikelilingi atau digenangi air yang bersumber dari sungai, rawa, atau air hujan.

2. Awal Mula Nama Jembatan Ampera

Palembang memiliki salah satu jembatan terpanjang di Indonesia, yaitu Jembatan Ampera. Memiliki panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter di atas Sungai Musi, jembatan merah ini menjadi ikon Kota Palembang.  Jembatan Ampera menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Dulunya, bagian tengah jembatan ini bisa diangkat saat kapal besar lewat. Namun, sekarang sudah tidak digunakan karena mengganggu lalu lintas kendaraan.

Pada tahun 1962, Jembatan Ampera dibangun dengan biaya rampasan perang Jepang. Mulanya, jembatan ini bernama Jembatan Soekarno. Namun, kemudian jembatan ini diberi nama sesuai slogan bangsa Indonesia tahun 1960 yaitu Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera).

3. Alquran terbesar di Dunia

Alquran terbesar di dunia ada di kota Palembang, yaitu Alquran  Al Akbar. Alquran ini berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah, Jalan Mohammad Amin, Gandus, Kecamatan Gandus. Tingginya mencapai 15 meter di ruangan seluas 5.520 meter persegi

Ketebalan Alquran ini mencapai 9 meter dengan ketinggian 177 cm, lebar 140 cm, dan tebal kayu 2,5 cm. Nuansa ruangan ini cokelat keemasan. Ayat-ayatnya diukir dalam papan kayu. Tempat ini sering dikunjungi sebagai wisata religi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

4. Kota Pempek

Palembang merupakan rumah bagi makanan khas Indonesia yang terkenal, yaitu Pempek. Tidak hanya di Palembang, pempek juga terkenal sampai ke daerah lain di Indonesia. Pempek juga mulai dikenalkan ke mancanegara. Makanan ini berbahan dasar lumatan ikan yang dicampur dengan sagu. Pempek dimakan bersama cuko, kuah yang terbuat dari air gula merah, asam jawa, bawang putih, dan cabe rawit. Sejarah nama pempek, dijajakan oleh ‘Apek’, sebutan lelaki tua keturunan Tionghoa. Ketika masyarakat ingin membelinya, mereka memanggil ‘pek…pek’ hingga namanya berubah menjadi pempek.

5. Tuan Rumah Gelaran Olahraga Besar

Palembang kerap dijadikan tuan rumah pagelaran olahraga besar, seperti SEA Games XXVII 2011, ASEAN Games 2018, Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021, dan sebagainya.  Kompleks Olahraga Jakabaring menjadi tempat pertandingan yang sering digunakan. Alasan palembang sering dijadikan tuan rumah acara olahraga karena fasilitas yang mereka punya sudah memenuhi standar internasional yang berlaku. Itulah deretan fakta menarik kota Palembang. Tertarik mengunjunginya?
 

6. Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Indonesia yang panjangnya 750 kilometer. Sungai ini dijadikan sebagai sarana transportasi masyarakat Palembang. Selain itu, Sungai Musi juga menghadirkan beberapa spot wisata, seperti Kampung Arab, Pulau Kemaro, dan Jembatan Ampera.  Sungai Musi berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara ke Selat Bangka dan Laut China Selatan. Dulunya, sungai ini menjadi lalu-lalang kapal dagang untuk melakukan kegiatan ekspor impor.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut