get app
inews
Aa Read Next : Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tewas Tergantung di Kawasan Pagar Tol Cilegon, Polisi Evakuasi

Wow! Lewat Kelima Jalan Tol Ini Bayar Tanpa Henti

Jum'at, 16 September 2022 | 12:06 WIB
header img
Bayar tol Tanpa Henti

JAKARTA – iNewsPandeglang.id Membayar di lima jalan tol ini tanpa berhenti dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem pembayaran nir sentuh ini akan diuji coba pada akhir 2022.

5 tol tersebut di antara lain, Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR.

Kelima tol tersebut merupakan perwakilan 80% dari traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, penerapan tersebut bakal dilakukan secara bertahap pada beberapa ruas tol yang bakal diterapkan sistem MLFF.

Meski demikian pihaknya masih melihat gerbang tol mana yang bakal cocok untuk diterapkannya sistem pembayaran tol nir sentuh tersebut. Sebab masih menimbang frekuensi kendaraan yang melintas di gerbang tol tersebut.

"Kalau dari tim teknisnya dari bidang belum kasih nama ruasnya," kata Danang kepada MNC Portal Indonesia belum lama ini.

Namun, pengendara diminta untuk segera download aplikasi Cantas. Di mana aplikasi tersebut nantinya untuk menunjang transaksi tol yang dilakukan.

"Jadi masyarakat bisa mendownload, bisa operasionalkan, bisa latihan lah, aplikasi sudah ada nanti Desember bakal diluncurkan (resmi)," ujar Danang saat ditemui di DPR.

Dia menegaskan kembali kalau saat uji coba, tol ini tidak akan dikenakan biaya.

"Untuk pertama ini kan tidak komersialkan dulu, masyarakat bisa terlatif dengan mengecek sendiri dari titik gate masuk ke gate keluar, panjangnya berapa kilometer, dan bayarnya berapa, (menggunakan aplikasi)," ungkapnya.

Seperti diketahui sistem MLFF bakal menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Sehingga pengguna tol nantinya tidak perlu berhenti untuk melakukan transaksi di ruas tol.

Dietimasikan nantinya proses transaksi di ruas tol dari adanya penerapan sistem tersebut bakal mengubah waktu transaksi yang dilakukan menjadi 0 detik.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut