get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana: 12 Korban Meninggal Dunia, 4 Orang Luka Berat

5 Jalan Paling Berbahaya di Indonesia, Rawan Terjadi Kecelakaan

Kamis, 15 September 2022 | 21:12 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.idJalan paling berbahaya di Indonesia terdapat di sejumlah daerah. Jalan-jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas.  Jalan paling berbahaya di Indonesia biasanya sangat dikenal masyarakat. Ciri khasnya antara lain berkelok dan ekstrem untuk dilalui, serta tak jarang banyak terjadi kecelakaan. Berikut deretan jalan paling berbahaya di Indonesia.

1. Tanjakan Sitinjau Laut

Tanjakan Sitinjau Laut atau yang disebut juga Tanjakan Sitinjau Lauik, merupakan salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia yang berada di Kota Padang. Keberadaannya terkenal dengan jalanan yang curam. Jalan yang menjadi penghubung antara Kota Padang dengan Arosuka dan Solok ini memiliki jalan yang berkelok. 

Selain curam dan berkelok, pinggir jalan ini juga dihiasi oleh jurang. Tak jarang, banyak kendaraan yang mengalami kecelakaan saat melintas di tanjakan Sitinjau Laut. Tanjakan ini juga rawan sekali terjadinya longsor. Meskipun demikian, tanjakan ini memiliki pemandangan hutan hijau yang indah dari ketinggian. 

2. Kelok 44

Jalan paling berbahaya di Indonesia berikutnya adalah Kelok 44. Nama ini sesuai ciri khas jalan yang merupakan tikungan yang berjumlah 44 belokan. Tikungan ini disebut juga Kelok Ampek Puluh Ampek. Kelok 44 terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jalan ini adalah penghubung Bukittinggi dan Maninjau. 

Tikungan ini sangat curam, sehingga sering terjadi kecelakaan. Ketika melewati jalur ini, perlu fokus yang tinggi dan keahlian mengemudi. Meskipun begitu, pemandangan di Kelok 44 sangat memukau. Apalagi pemandangan Danau Maninjau yang terlihat jelas dari ketinggian tikungan.

3. Cadas Pangeran


Cadas Pangeran merupakan jalan paling berbahaya di Indonesia yang terletak 7 kilometer Barat Daya Kota Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Cadas Pangeran terbentang sepanjang 3 kilometer dan terkenal berbahaya karena memiliki tikungan berkelok tajam. Selain itu juga terdapat sejumlah tanjakan dan turunan yang curam.  Jalan ini di sisinya terdapat jurang yang terbuka dan di bawahnya terdapat hutan. Sementara di sisi lainnya berdiri tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan. Jalanan yang sepi dan suasana malam yang gelap membuat banyak kecelakaan terjadi. 

4. Tanjakan Gombel

Jalan paling berbahaya di Indonesia selanjutnya adalah tanjakan Gombel yang menjadi penghubung antara Semarang atas dan bawah. Tanjakan ini terkenal menjadi salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia. Bahkan banyak isu yang tersebar bahwa Jalan Gombel dikenal sebagai salah satu tempat angker di Kota Semarang, Jawa Tengah. Pengemudi yang melintas di jalan ini seringnya mengalami kematian mesin kendaraan karena overheat. 

5. Alas Roban

Alas Roban adalah jalan paling berbahaya di Indonesia yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Alas Roban memiliki banyak kisah yang terjadi di dalamnya, serta sering terjadi kecelakaan di jalur ini. Mayoritas kecelakaan terjadi disebabkan rem blong. 

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut