get app
inews
Aa
Read Next : 5 Jenis Olahraga ini Ampuh Turunkan Lemak Dengan Cepat

7 Makanan Pembersih Usus yang Dapat Bantu Turunkan Berat Badan

Senin, 12 September 2022 | 21:03 WIB
header img
Ilustrasi Lemon

iNewsPandeglang.id – Usus bukan hanya dikenal sebagai salah satu organ pencernaan. Lebih dari itu, usus merupakan organ vital yang berfungsi mengeluarkan sisa atau sampah makanan dari dalam tubuh.

Namun, tahukan Anda, bahwa sampah makanan yang tidak terserap oleh tubuh dapat menumpuk di dalam usus.

Akibatnya, tak hanya membuat usus menjadi kotor, sampah makanan yang menumpuk di usus juga membuat berat badan naik yang juga berpengaruh terhadap kesehatan.

Lantas, membersihkan usus yang kotor dari sisa makanan yang menumpuk tersebut menjadi salah satu solusi. Namun, bagaimanakah caranya?

Sebenarnya, tren ‘cuci’ usus dipercaya menjadi tindakan yang sehat dan dapat membuat berat badan turun dalam waktu yang cukup cepat.

Dalam dunia medis, ‘cuci’ usus biasanya dilakukan dengan cara menggunakan cairan atau obat pembersih usus, seperti obat laksatif, cairan enema, teh herbal dan sebagainya.

Selain itu, ada juga dengan cara melakukan hidroterapi usus, yaitu sebuah tindakan medis yang mencuci usus dengan cara memasukkan air ke dalam usus.

Namun, bagi Anda yang tak ingin repot membersihkan usus lewat prosedur medis, bisa mencoba cara yang lebih alami.

Salah satunya yakni dengan mengonsumsi beberapa makanan atau minuman berikut yang juga dipercaya membantu menurutkan berat badan.

1. Apel

Seperti diketahui, aApel banyak disukai karena manis, lezat, antiinflamasi, dan kaya akan serat. Lebih baik lagi jika memakan dengan kulitnya, karena kulitnya kaya akan pektin dan antioksidan. Kandungan tersebutlah yang baik untuk membantu membersihkan usus.

2. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti brokoli, kangkung dan kol bisa menjadi pembersih usus alami karena memiliki tekstur yang kaya akan serat.

Serat dapat membantu membersihkan usus dari racun serta kotoran yang menempel di dinding usus. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi diri dari racun.

3. Ikan Salmon

Menurut penelitian, menunjukkan bahwa asupan ikan berlemak dalam jumlah yang tepat seperti ikan salmon dapat mengurangi peradangan di usus besar dan meningkatkan kesehatan usus.

Seperti kandungan lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon, dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

4. Yogurt

Selain memiliki rasa yang segar dan enak, produk dari susu fermentasi ini dikenal sebagai penangkal penyakit alami. Yogurt mengandung probiotik, vitamin D, dan juga kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Biji Chia

Ternyata biji chia mengandung serat dan omega-3 yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga usus, yakni dapat menstabilkan dinding sel dan mengurangi risiko peradangan usus.

6. Lemon

Buah lemon yang sangat asam berwarna kuning terang ini kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi. Buah ini bagus guna meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu lemon ternyata juga baik untuk usus karena dapat menetralkan racun dan membuat tubuh segera mengeluarkannya.

7. Teh

Beberapa varian teh dipercaya dapat menyingkirkan racun dari tubuh, salah satunya teh hijau yang merupakan sumber antioksidan. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkannya.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut