get app
inews
Aa Read Next : Minimarket di Lebak Dibobol Maling, Pegawai Disekap

Terungkap! Begini Modus Maling Bobol 11 Minimarket di Jatim dan Jaksel

Jum'at, 09 September 2022 | 16:51 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kepolisian Resort Metro Jakarta Timur mengungkap modus operandi ketiga pelaku pencurian yang berhasil membobol 11 minimarket di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. 

Ketiga pelaku diketahui sudah berpengelaman membongkar bangunan kosong lantaran sehari-harinya sebagai kuli bongkar bangunan.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Budi Sartono menjelaskan, pelaku membobol minimarket dengan modus yang sama. Di setiap aksinya, pelaku selalu masuk ke minimarket melalui atap toko.

"Pelaku melakukan pencurian tersebut dengan cara memanjat toko lalu menggunting atap, menjebol eternit, memotong kabel CCTV dan kabel alarm," ujar Budi saat jumpa pers di Mapolres Jakarta Timur, Jumat (9/9/2022).

Menurut Budi, pelaku setelah berhasil masuk ke dalam minimarket, selalu mengincar brankas. Pelaku membongkar brankas minimarket dengan menggunakan lahat dan palu yang sudah dipersiapkan.

"Pelaku sudah berpengalaman membongkar brankas, dari pengakuannya, mereka sudah terlatih saat bekerja sebagai kuli bongkar bangunan," ujar Budi.

Sebelumnya, Budi Sartono menyampaikan ketiga pelaku dibekuk di Cinere, Jakarta Selatan. "Ketiga pelaku ditangkap pada Minggu kemarin, 4 September 2022, pagi jam 04.00 WIB di Alfamart Cinere," ujar Budi.

Budi menyampaikan, ketiga pelaku diketuai oleh seorang kuli bongkar bangunan berinisial S (38) alias Jabrik. Kemudian, pelaku lainnya, KM alias Komar (47) dan M (47).

"Jabrik ini berperan sebagai kapten pencurian, sedangkan KM berlaku sebagai pengawas keadaan dan M sebagai pelaku yang menyediakan alat dan transportasi," ujar Budi.

Saat ini, ketiga pelaku diamankan di Mapolres Jakarta Timur beserta barang bukti dan barang hasil curian. Atas perbuatannya, ketiga pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut