get app
inews
Aa Read Next : Viral! Betharia Sonata Dikabarkan Alami Stroke, Willy Dozan Setia Menemani

Golongan Darah yang Rentan Terkena Stroke di Usia Muda

Kamis, 08 September 2022 | 18:27 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

iNewsPandeglang.id - Ada golongan darah yang rentan terkena stroke dini menarik untuk diulas. Golongan darah Anda dapat meningkatkan risiko stroke sebelum usia 60 tahun.

Para peneliti melaporkan, pada kenyataannya, bahwa seseorang dengan golongan darah A mungkin lebih mungkin untuk mengalami stroke dini sementara orang dengan golongan darah O lebih kecil kemungkinannya untuk memilikinya.

Para peneliti melakukan meta-analisis dari 48 studi yang melibatkan hampir 17.000 orang dengan stroke dan lebih dari 570.000 orang tanpa riwayat stroke.

Para ilmuwan memeriksa kemungkinan korelasi antara golongan darah dan risiko stroke iskemik. Mereka melaporkan bahwa orang dengan golongan darah A memiliki risiko tertinggi untuk serangan awal stroke, yang terjadi sebelum usia 60 tahun.

Golongan darah yang rentan terkena stroke dini ini terbagi  berdasarkan golongan darah dan membandingkannya dengan status stroke. Diantaranya stroke awal, stroke lanjut, dan tidak stroke. 

Beberapa hasilnya antara lain, golongan darah A bisa mendapatkan  stroke dini lebih mungkin. Penulis studi utama dan profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Braxton Mitchell mengatakan bahwa orang dengan golongan darah A mungkin lebih mungkin mengalami pembekuan darah, yang dapat menyebabkan pukulan.

Sedangkan  tipe O bila dibandingkan dengan orang yang mengalami stroke di usia lanjut atau orang yang tidak mengalami stroke.

Orang dengan stroke awal dan akhir lebih mungkin memiliki tipe B bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Setelah menyesuaikan jenis kelamin dan faktor lainnya, para peneliti melaporkan orang dengan tipe A memiliki risiko 18 persen lebih tinggi terkena stroke dini dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah berbeda

Orang dengan tipe O memiliki peluang 12 persen lebih rendah untuk mengalami stroke dini dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah lain. 

Kemudian, para peneliti mengecek semua kromosom yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi varian genetik terkait stroke. Baca juga: Tidur Siang Terlalu Sering, Risiko Hipertensi dan Stroke Menghantui Mereka juga meneliti area kromosom yang mencakup gen yang menentukan jenis golongan darah peserta, apakah A, B, AB, atau O.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut