get app
inews
Aa Read Next : Fantastis! Segini Gaji Pelatih Shin Tae yong di Timnas Indonesia

Wow! Presiden Jokowi Siapkan Lahan 50 Hektare untuk Training Center Timnas Indonesia

Rabu, 03 Agustus 2022 | 18:00 WIB
header img
Pemerintah Indonesia menyiapkan lahan kurang lebih seluas 50 hektare untuk pembangunan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pemerintah Indonesia menyiapkan lahan kurang lebih seluas 50 hektare untuk pembangunan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lokasi training center itu disebut dekat dengan bandara. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan dalam konferensi pers, Rabu (3/8/2022). Iriawan sangat senang dengan rencana itu.

“Beliau (Jokowi) menanyakan ‘bagaimana Pak Iwan apakah rencana pembuatan training center itu sudah ada tempatnya? Kalau mau nanti saya siapkan tanah di IKN sekaligus dengan pembangunannya’,” kata Iriawan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Iriawan menyebut awalnya PSSI hanya minta 15 hektare saja. Namun, Jokowi malah menyiapkan lahan seluas 30 sampai 50 hektare.


“Lalu beliau bertanya lagi ‘berapa tanah yang kira-kira dibutuhkan?’ Saya bilang 15 hektare cukup pak. Kemudian beliau bilang pemerintah sanggup menyiapkan tanah sekitar 30 sampai 50 hektare,” ujar Purnawirawan Perwira Tinggi Polri tersebut.

Dia menjelaskan lokasi calon training center anyar di IKN tersebut berada di antara wilayah Kota Balikpapan dengan Samarinda. Dia menyebut nantinya lokasinya tak jauh dari  Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan.

“Yang jelas nanti jaraknya tak lebih dari 1 jam perjalanan dari bandara internasional di Balikpapan atau Sepinggan ya arena memang itu persyaratan untuk lokasi training camp. Apalagi nanti akan digunakan oleh tim-tim luar (negeri) untuk FIFA Matchday dan sebagainya,” tuturnnya.

“Yang jelas sejauh ini kita masih menunggu hasil survey dari tim beliau. Kemungkinan di antara Samarinda dan Balikpapan lah, itu sementara yang bisa kami sampaikan,” tuturnya.

Tentu saja, kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, selama ini Timnas Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk melakukan pemusatan latihan dalam mempersiapkan turnamen-turnamen yang mereka ikuti.

Selain itu, pembangunan training center tersebut juga bakal bermanfaat untuk pembinaan para pemain muda Tim Merah-Putih yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat-bakat mereka bisa terasah dengan maksimal dengan tersedianya training center yang memiliki fasilitas lengkap di IKN tersebut.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut