get app
inews
Aa Read Next : Demi Tunaikan Salat Tarawih Berjemaah di Masjid Australia, WNI Tempuh Perjalanan Ratusan Kilometer

Menlu: 55 WNI Korban Penipuan di Kamboja Berhasil Diselamatkan

Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:30 WIB
header img
Menlu RI Retno L Marsudi (Foto: Okezone)

SURABAYA, iNewsPandeglang - Sebanyak 60 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban lowongan kerja bodong di Sihanoukville, Kamboja. Seluruhnya WNI tersebut disekap oleh pelaku.

Namun, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengumumkan bahwa, dari semua WNI yang disekap, sekitar 55 di antaranya sudah selamat dari penyekapan dan lima lainnya masih dalam proses pemindahan. Ke-55 WNI tersebut dalam kondisi sehat. Kabar penyelamatan ini muncul setelah Retno Marsudi berbicara kepada Menlu Kamboja.

"Saya sudah melakukan komunikasi dengan menteri luar negeri Kamboja untuk meminta bantuan agar para WNI tersebut dapat segera dikeluarkan dengan selamat dari tempat penyekapan secepat mungkin," ujar Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (30/7/2022) malam.

Menlu Kamboja Prak Sokhonn disebut langsung memberikan respon, serta menyampaikan akan berkoordinasi dengan kepolisian Kamboja mengenai masalah ini. Tim khusus pun dikerahkan dan berhasil membawa 55 WNI ke tempat yang aman.

"Kasus penipuan bekerja di luar negeri terus meningkat setiap tahun," kata Retno Marsudi.

Pada tahun 2021, KBRI Phnom Penh berhasil menangani dan memulangkan 119 WNI korban investasi palsu. Namun, pada 2022, kasus serupa justru semakin meningkat di mana hingga Juli 2022, tercatat terdapat 291 WNI menjadi korban. Sekitar 133 di antaranya sudah berhasil dipulangkan.

"Perlu penegakan hukum secara tegas. Kesadaran masyarakat perlu diintensifkan. Saya berencana melakukan pertemuan dengan otoritas Kamboja," kata Retno Marsudi.

Retno Marsudi berencana menghadiri pertemuan ke-55 Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN atau 55th ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM) di Phnom Penh, Kamboja. Pertemuan AMM ke-55 akan dimulai pada 2 Agustus 2022.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut