get app
inews
Aa Read Next : Antusiasme Warga Lebak Banten Serbu Mobil Kas Keliling Bank Indonesia untuk Tukar Uang Baru

Berburu Barang Antik, Uang Kuno Jadi Incaran Kolektor

Selasa, 12 Juli 2022 | 11:00 WIB
header img
Foto dok. MPI

Pandeglang, iNewsPandeglang.id - Selain barang-barang mewah, kekinian mengikuti perkembangan jaman sekarang. Seperti yang kerap kali diumbar oleh para selebriti tanah air, di Indonesia rupanya juga masih banyak masyarakat bahkan kolektor yang mencari barang-barang antik dan kuno. 

Biasanya uang kuno sangat digemari oleh para kolektor. Pasalnya, uang ini bisa dijadikan hiasan yang unik. 

Kemungkinan uang yang beredar sekarang pun bisa menjadi barang antik di masa depan. Biasanya uang kuno akan terjual mulai dari harga jutaan hingga ratusan juta rupiah. 

Melansir Okezone, uang kertas pecahan ini sudah tidak lagi diproduksi dan diedarkan, sesuai dengan PBI (Peraturan Bank Indonesia) Nomor 8/27/PBI/2006.

Seperti uang Uang koin dengan nominal Rp100 bergambar wayang dan rumah gadang ini dijual dengan harga tinggi. Uang koin tahun 1978 tersebut dijual dengan harga Rp100 juta per kepingnya.

Di masyarakat uang koin 100 perak terbaru saja kerap kali dicap sudah tidak laku, tidak bisa dipakai untuk transaksi jual beli. Maka tak jarang banyak uang berserakan di area parkir minimarket di berbagai daerah.

Selain uang koin 100 perak, Indonesia pernah memiliki uang kertas Rp500 yang diproduksi Bank Indonesia (BI) di tahun 1992. Uang berwarna hijau dengan gambar orang utan ini dijual seharga Rp1,5 juta sampai Rp8 juta. Penjualannya ramai di beberapa marketplace.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut