get app
inews
Aa Read Next : Selain Indonesia, Ini Deretan Negara yang Punya Seni Bela Diri Pencak Silat

Wisuda dan Kenaikan Kelas, Ponpes Modern Daar El Karim Malingping Suguhkan Aksi Pencak Silat

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:59 WIB
header img

LEBAK, iNews.Pandeglang.id - Kenaikan kelas siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), sekaligus wisuda siswa jenjang SMA kelas XII di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Daar El-Karim, yang berada di Kampung Pagelaran, Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Lebak, Banten dimeriahkan dengan berbagai pentas seni salah satunya Pencak Silat pada Sabtu, (18/06/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Ayi Gufron, Pimpinan Ponpes Daar El-Karim, bahwa dalam acara diisi juga dengan Kasidah, Marawis, Pencak Silat (Tapak Suci).

"Dalam kegiatan ini juga diisi dengan pentas seni yaitu kasidah, marawis, pencak silat (tapak suci), hafalan Amil (siswa Mts), jurmiyah (Siswa SMA), kitab Alfiyah 200 (Siswa SMA) bait yang ditampilkan santri," katanya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, untuk acara wisuda, baru ada yang jenjang SMA dengan siswa hanya sebanyak 16 siswa, dan rata-rata melanjutkan ke jenjang kuliah serta yang tidak melanjutkan memilih untuk mondok di Daar El-Karim.

Menurutnya, di Ponpes modern ini keunggulannya adalah dalam hal baca Kitab Kuning, Bidang Bahasa Inggris, Ekstrakurikuler Pencak silat dan Qiroatul Qur'an. 

"Kami terus berusaha semaksimal mungkin, agar para santri benar-benar mampu mengenyam pendidikan dengan baik," tuturnya.

Antusias orangtua juga sangat meriah, lanjut Ayi Gufron, karena dalam dua tahun terakhir tidak menggelar kegiatan seperti ini karena pandemi Covid-19. 

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat lebih memotivasi semangat untuk belajar, kemudian guru-guru juga lebih semangat, dan dukungan orangtua siswa terhadap pondok sangat dibutuhkan.

"Kepada siswa semoga bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya sehingga bisa menjadi generasi penerus yang hebat, handal didasari dengan iman dan taqwa," katanya penuh harap.

Ia juga mengatakan untuk tahun pelajaran 2022-2023, pihaknya sudah mulai menerima penerimaan siswa baru.

Salahsatu orangtua murid, Rahmat Hidayat, menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut.

 "Alhamdulillah putera saya juga mondok di Daar El-Karim, saat ini Kelas VII naik ke kelas VIII Tsanawiyah, saya turut hadir dalam kegiatan ini, semoga kedepan bisa lebih maju," ujar pria warga Malingping ini.

Selain Pimpinan Ponpes Daar El-Karim  hadir pula dalam kegiatan tersebut Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengawas Wilayah Binaan (Wilbi) SMA Kecamatan Malingping, Orang Tua/Wali Siswa, unsur Pemerintahan Desa Pagelaran, dan tokoh masyarakat. Dalam kegiatan ini juga, nampak atraksi tapak suci turut menambah meriahnya acara itu.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut