Hari Santri 2024: Ribuan Santri di Lebak Gelar 'Murak Liwet', Suasana Alun-Alun Jadi Meriah!

Sopian Sauri
Ribuan santri merayakan Hari Santri 2024 dengan 'Murak Liwet' di Alun-Alun Rangkasbitung, Lebak, Banten pada Selasa (22/10/2024) menyatukan kebersamaan dan semangat dalam suasana yang meriah!. (Foto : Sopian Sauri)

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Banten, meramaikan kegiatan 'Murak Liwet' dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2024. Acara ini digelar di Alun-Alun Rangkasbitung pada Selasa (22/10/2024) dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat.

Dengan semangat kebersamaan, acara 'Murak Liwet' menampilkan hidangan khas nasi liwet yang menjadi simbol persatuan santri. Selain menikmati hidangan, para santri terlibat dalam beragam kegiatan yang menampilkan bakat dan kreativitas mereka, seperti pertunjukan marching band, tarian tradisional, serta yel-yel yang menggugah semangat persatuan di antara peserta. Acara ini juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi bagi santri dari berbagai pelosok Lebak, menjalin hubungan yang lebih erat antarpondok pesantren.


Ribuan santri di Lebak merayakan Hari Santri 2024 dengan penuh semangat dan kebersamaan di Alun-Alun Rangkasbitung, Lebak, Banten. Foto Sopian Sauri

 

Salah seorang santri dari Pesantren Raudhatul Ulum, Muftiul Huda, menjelaskan bahwa 'Murak Liwet' adalah tradisi yang sering diselenggarakan setiap Hari Santri Nasional di Kabupaten Lebak. "Murak liwet ini merupakan tradisi santri di kobongnya (di asrama) yang mana kalau makan dengan liwetan. Kegiatan ini juga diadakan setiap tahun di alun-alun," ucapnya.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan santri, tetapi juga dihadiri oleh ulama, kiyai, dan aparatur pemerintah Kabupaten Lebak. "Bersama santri, ulama, kiyai, dan pejabat pemerintah Kabupaten Lebak, kita semua merayakan momen ini," sambungnya.

Muftiul berharap, dengan peringatan Hari Santri Nasional 2024, santri dapat menjadi garda terdepan dalam kemajuan bangsa Indonesia. "Semoga santri yang ada di negeri ini selalu menjadi pejuang untuk masa depan bangsa," harapnya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network