AFC Tanggapi Cepat Permintaan Bahrain, Tapi Protes PSSI Terbengkalai?

Ramdani Bur
Momen laga seru antara Timnas Indonesia dan Bahrain pada matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan berlangsung sengit dan penuh ketegangan, dengan berbagai keputusan wasit yang menuai sorotan. (Foto: X/TimnasIndonesia)

AFC berkomitmen memastikan keselamatan semua pemain, ofisial, dan suporter, serta mengutuk segala bentuk pelecehan atau ancaman melalui media online. Mereka juga mengumumkan akan membahas situasi tersebut dengan FIFA, BFA, dan PSSI untuk mencari solusi yang lebih aman.

Namun, perlakuan berbeda justru diterima oleh PSSI. Setelah laga antara Bahrain dan Timnas Indonesia pada 10 Oktober 2024, PSSI langsung mengajukan protes terkait kinerja buruk wasit Ahmed Al Kaf. Meski protes sudah diajukan secara resmi pada Jumat, 11 Oktober 2024, respons dari AFC baru diterima pada 15 Oktober, dan itu pun hanya melalui email, bukan pernyataan resmi di laman mereka seperti yang diberikan kepada Bahrain.

Jawaban AFC atas protes PSSI pun dianggap tidak jelas, karena mereka menyarankan PSSI untuk menanyakan langsung kepada FIFA terkait masalah wasit. "AFC tidak menolak protes kami, tetapi mereka meminta kami untuk menanyakan atau mengonfirmasi langsung ke FIFA. Ini tidak tahu maknanya seperti apa. Coba dimaknai sendiri," ujar manajer Timnas Indonesia, Sumardji, mengungkapkan kekecewaannya.

Perbedaan respons AFC terhadap dua masalah ini menimbulkan tanda tanya besar, apakah AFC memberikan perlakuan istimewa kepada Bahrain atau hanya mengabaikan protes PSSI?

Artikel ini telah tayang di sini

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network