Menyusuri Jejak Sejarah: Wisata Bersejarah di Kampung Sangko dan Goa Siluman di Bayah

Epul Galih
Kampung Sangko di Lebak menawarkan wisata sejarah dan keindahan alam, termasuk Goa Siluman, menyimpan kisah penjajahan Belanda dan Jepang. (Foto : Exciting Banten)

LEBAK, iNewsPandeglang.id Kampung Sangko di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, menawarkan pengalaman wisata yang unik bagi para pencinta sejarah dan keindahan alam. Terkenal dengan keindahan pemandangannya dan kisah masa lalu yang kaya, Kampung Sangko menjadi salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Kampung Sangko, yang bersebelahan dengan Pantai Pasir Putih Sawarna, menyimpan banyak sejarah terkait penjajahan Belanda dan Jepang. Goa Siluman, yang terletak di wilayah ini, dikenal sebagai tempat penyimpanan harta karun yang hingga kini menyimpan misteri. Banyak pengunjung datang untuk mengeksplorasi goa tersebut dan mengetahui lebih dalam tentang sejarah yang menyelimutinya.


Goa Siluman di Bayah dan Kampung Sangko merupakan saksi sejarah peninggalan Belanda hingga Jepang di Lebak Selatan. Foto Istimewa

 

Sejak zaman penjajahan, Kampung Sangko telah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa sejarah. Di samping itu, kawasan ini juga dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti batu bara dan tambang lainnya. Namun, potensi ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, mengakibatkan kerusakan ekosistem yang signifikan. Masyarakat lokal yang sebagian besar bekerja sebagai penambang tidak mendapatkan keuntungan yang seimbang dari hasil alam tersebut.

Masyarakat setempat mengeluhkan kondisi lingkungan yang memburuk akibat galian yang tidak terkonsep, yang menyebabkan tanah longsor dan bencana lainnya. Mereka hanya menjadi pekerja dengan upah rendah, sementara pengusaha luar daerah mendapatkan keuntungan besar. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk melestarikan keindahan alam dan sejarah yang ada di Kampung Sangko demi kesejahteraan masyarakat.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network