Duh Lebak! Hari Gini Masih Ada Aja Warganya yang Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni

Sopian Sauri
Keluarga Mulyati (30) di Kampung Tambak, Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan tinggal di Rumah Tak Layak Huni. Foto iNews/Sopian Sauri

LEBAK, iNewsPandeglang.id  Keluarga Mulyati (30) di Kampung Tambak, Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Mereka tinggal di rumah tidak layak huni selama lima tahun terakhir, dengan risiko banjir yang tinggi setiap kali hujan deras.

Pantauan iNewsPandeglang di lokasi pada Rabu (11/9/2024) kondisi rumah Mulyati yang berdinding anyaman bambu dan beralaskan tanah sangat rentan bocor dan mengalami banjir. Kondisi rumah yang buruk ini menyebabkan mereka sering terpaksa mengungsi ke rumah tetangga saat hujan lebat. 


Keluarga Mulyati di Lebak, Banten tinggal di rumah bocor. Foto iNews/Sopian Sauri

 

Suami Mulyati hanya bekerja serabutan dan menjala ikan dengan penghasilan Rp20 ribu sehari, yang tidak cukup untuk memperbaiki rumah atau memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga mereka.

Mulyati bersama suami dan dua putrinya, termasuk bayi berusia dua bulan, tinggal dalam kondisi memprihatinkan di Kampung tersebut. Selama lima tahun terakhir, mereka bertahan hidup di rumah yang rapuh dan berdinding anyaman bambu yang bolong, terletak di pinggir Sungai Ciujung.

"Udah lima tahun kondisi seperti ini, kita harus bersabar," ungkap Mulyati dengan penuh kesedihan. 

Ia menambahkan, "Kami belum pernah menerima bantuan dari pemerintah, meskipun kami sudah lama tinggal di sini."

Sementara anak pertama Mulyati, Anah Aprianti (9), juga merasa sedih dengan kondisi rumah mereka. Ia berharap memiliki rumah yang layak agar tidak mengalami kebocoran. "Sedih, pengen punya rumah kaya orang-orang biar gak kebocoran," ujarnya sambil menghela nafas.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network