Warga Lebak Demo PT TCI, Tuding Limbah Pabrik Sebabkan Sungai Ciujung Tercemar

Sopian Sauri
Ratusan warga di Kecamatan Cileles, Lebak, Banten unjuk rasa pada Sabtu (7/9/2024), mereka menuding limbah PT TCI menyebahkan Sungai Ciujung tercemar. (Foto : iNews/Sopian Sauri)

LEBAK, iNewsPandeglang.id Ratusan warga dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor PT Tiger Chamois Indonesia (PT TCI) di Desa Cileles, Kecamatan Cileles, Lebak, Banten pada Sabtu (7/9/2024) siang.  Demonstrasi berlangsung ricuh, warga merusak fasilitas pabrik yang dituduh menyebabkan pencemaran Sungai Ciujung, sehingga ikan-ikan mati dan air sungai berbau tidak sedap.

Warga menuding PT TCI membuang limbah bahan kimia berbahaya (B3) ke Sungai Ciujung, menyebabkan air sungai menjadi tercemar dan berbau busuk. Pencemaran ini diduga mengakibatkan matinya ikan-ikan kecil yang selama ini menjadi sumber penghasilan warga setempat.


Ratusan warga dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor PT Tiger Chamois Indonesia (PT TCI) di Cileles, Lebak, Banten pada Sabtu (7/9/2024) siang berujung ricuh, massa bakar ban. Foto iNews/Sopian Sauri

Aksi unjuk rasa berlangsung tegang ketika massa mulai merusak fasilitas pabrik, sementara pihak keamanan berusaha menjaga situasi.

"Sudah beberapa pekan ini Sungai Ciujung kotor dan berbau. Ikan-ikan mati mengambang, dan anak-anak kami tidak bisa lagi berenang di sana karena airnya yang bau. Kami juga jadi harus beli air bersih karena air sungai sudah tidak bisa digunakan lagi," ujar Rodiah, salah satu warga yang terdampak.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network