Heboh Potensi Gempa Megathrust, Warga Pesisir Pantai Selatan Pandeglang Khawatir Tsunami Datang Lagi

Iskandar Nasution
Masyarakat yang tinggal di pesisir Pantai Selatan Pandeglang, Banten, kini dilanda kekhawatiran setelah munculnya informasi mengenai potensi gempa besar Megathrust yang dapat memicu tsunami. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Masyarakat yang tinggal di pesisir Pantai Selatan Pandeglang, Banten, kini dilanda kekhawatiran setelah munculnya informasi mengenai potensi gempa Megathrust yang dapat memicu tsunami. Kecemasan ini semakin terasa mengingat wilayah tersebut merupakan salah satu zona Megathrust yang rawan mengalami gempa dan tsunami.

Warga setempat, yang sebagian besar masih trauma dengan kejadian tsunami tahun 2018 lalu, mulai lebih waspada dan mempersiapkan diri. Mereka secara aktif mempelajari jalur-jalur evakuasi serta langkah-langkah penyelamatan diri jika bencana benar-benar terjadi.


Papan Tanda Jalur Evakuasi Tsunami di Pandeglang. Foto iNews/ Iskandar Nasution

 

Menurut salah seorang warga pesisir, Wardina, dirinya mengaku khawatir jika gempa Megathrust benar-benar terjadi di wilayah mereka. Warga masih trauma akibat tsunami yang terjadi pada tahun 2018 lalu. " Takut masih trauma dengan tsunami tahun 2018 lalu," ucap warga di Kecamatan Panimbang saat ditemui pada Senin (19/8/2024).

Warga yang tinggal di wilayah pesisir, terutama di area yang rentan terhadap gempa Megathrust seperti Pantai Selatan Pandeglang, sangat berharap agar pihak terkait, termasuk pemerintah dan lembaga penanggulangan bencana, lebih sering dan aktif dalam menyelenggarakan pelatihan dan edukasi. 

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network