get app
inews
Aa Read Next : Tandatangani Kontrak Politik, Uday-Pujiyanto Komitmen Pembangunan dan Kesejahteraan Warga Pandeglang

BNPB Tegaskan Gempa Megathrust Bukan Isu, Warga Pandeglang Diminta Waspada

Jum'at, 06 September 2024 | 11:41 WIB
header img
BNPB menyelenggarakan simulasi mitigasi bencana, penanganan darurat potensi Megathrust dan apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di Lapangan Kantor Kecamatan Carita, Pandeglang, Kamis (5/9/2024). Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan bahwa potensi gempa Megathrust bukan sekadar isu, melainkan ancaman nyata yang harus diwaspadai oleh masyarakat Pandeglang, terutama yang tinggal di kawasan Selat Sunda. Peringatan ini diberikan seiring dengan semakin maraknya pemberitaan terkait potensi bencana tersebut.

Atas kondisi tersebut, BNPB menyelenggarakan simulasi mitigasi bencana, penanganan darurat potensi Megathrust dan apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di Lapangan Kantor Kecamatan Carita, Kamis (5/9/2024). Ratusan warga turut berpartisipasi dalam simulasi ini untuk mempelajari langkah-langkah penyelamatan diri dan pengurangan risiko jika terjadi gempa besar. 

Raditya Jati, Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, menegaskan bahwa gempa Megathrust bukanlah isu belaka, melainkan fenomena yang benar-benar ada dan memiliki potensi risiko besar. "Kegiatan simulasi yang kami adakan bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi gempa dan tsunami di sepanjang kawasan Sumatra-Jawa Megathrust," jelas Raditya. 

Kegiatan simulasi ini juga diikuti oleh berbagai unsur (Pentahelix), termasuk instansi pemerintah, dunia usaha, media, akademisi, dan masyarakat. Namun, tidak semua warga antusias mengikuti kegiatan ini. 

Beberapa warga justru merasa bahwa pemberitaan soal Megathrust membuat kawasan wisata Pantai Carita menjadi sepi pengunjung, yang berdampak pada menurunnya penghasilan para pedagang kecil di kawasan tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut